Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama, Polda Jatim Bersama FKUB Provinsi Gelar FGD

- Kamis, 29 September 2022 | 16:51 WIB
Suasana FGD yang digelar Dirintelkam Polda Jatim bersama FKUB Provinsi Jatim. (istimewa)
Suasana FGD yang digelar Dirintelkam Polda Jatim bersama FKUB Provinsi Jatim. (istimewa)

Surabaya, koranmemo.com - Jatim">Polda Jatim menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jatim, Kamis (29/9/2022) siang, menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) di salah sebuah hotel Surabaya.

FGD yang digelar Jatim">Polda Jatim bersama FKUB Provinsi Jatim itu dengan tema "Peran FKUB dalam menjaga kerukunan umat beragama di Jawa Timur".

Dalam kegiatan FGD yang digelar Polda jatim ini dihadiri seluruh pengurus FKUB se-Jatim. Selain itu kegiatan tersebut juga dihadiri Dirintelkam Jatim">Polda Jatim

Ketua FKUB Provinsi Jatim Kiai A. Hamid Syarif, mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan pihak kepolisian khususnya dari Ditintelkam Jatim">Polda Jatim, yang menyangkut persoalan agama.

Dijelaskan, ada satu topik tunggal saat digelar FGD. Yakni meningkatkan kerukunan umat beragama di Jatim.

Baca Juga: Metode Belajar KH. Mahrus Aly Lirboyo, Patut Diteladani Para Penuntut Ilmu, Salah Satunya Cara Membagi Waktu

Namun ada beberapa sub yang berbeda, dari FKUB menerangkan tentang moderasi agama, sementara Dirintelkam Jatim">Polda Jatim menyangkut persoalan yang umum seperti keagamaan, konflik keagamaan maupun pendirian rumah ibadah.

"Penyelesaian permasalahan agama di Jatim ini bertingkat, urusan permasalahan kerukunan beragama ini di level kabupaten atau kota,” ujar Kiai A. Hamid Syarif.

“Kita tidak mempunyai kewenangan otonomi, itulah persoalannya jadi semua harus di selesaikan di kabupaten atau kota," sambung Ketua FKUB Provinsi Jatim ini.

Pendirian rumah ibadah, lanjutnya, ada syaratnya di PBM. Secara normatif harus ada anggota 60 ada rekomendasi dari FKUB. Yang memberi rekomendasi di daerah itu adalah ketua FKUB kabupaten/kota setelah mengikuti prosedur di PBM.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Sepanjang Agung Industri Digugat Pailit

Selasa, 29 November 2022 | 11:16 WIB
X