• Kamis, 1 Desember 2022

Korupsi Dana PNPM Mandiri Tulungagung Capai Rp 5,5 Miliar, Dua Tersangka di Tangan Polisi

- Kamis, 29 September 2022 | 19:22 WIB
Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Agung Kurnia Putra saat memberikan pernyataan soal dugaan korupsi dana bergulir PNPM Mandiri di Desa/Kecamatan Pagerwojo. (isal/memo)
Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Agung Kurnia Putra saat memberikan pernyataan soal dugaan korupsi dana bergulir PNPM Mandiri di Desa/Kecamatan Pagerwojo. (isal/memo)

Tulungagung, koranmemo.com - Dua orang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan dana bergulir di PNPM Mandiri Desa/Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Akibat kasus korupsi pengelolaan dana bergulir di PNPM Mandiri Tulungagung, negara disebut-sebut mengalami kerugian sekitar Rp 5,5 miliar.

Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Agung Kurnia Putra, mengatakan, sebenarnya kasus dugaan korupsi atas dana bergulir PNPM Mandiri di Desa/Kecamatan Pagerwojo itu terjadi pada 2010 sampai dengan 2015.

Setelah kasus itu berhasil terungkap dan dilakukan penyelidikan oleh petugas, rupanya tindakan korupsi itu tidak berhenti tapi justru terus dilakukan sampai tahun 2018.

Baca Juga: Sepuluh Kursi Jabatan Pemerintahan Masih Kosong, Trenggalek Targetkan 2023 Formasi Komplit

"Dengan begitu, hasil penyelidikan kami menyatakan jika dugaan penyelewengan dana bergulir PNPM Mandiri itu terjadi sejak 2010 hingga 2018," kata AKP Agung Kurnia Putra, Kamis (29/9).

Selain itu, jelas AKP Agung Kurnia Putra, kepolisian serta kejaksaan juga sudah berkoordinasi meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan audit terhadap kasus dugaan korupsi dana bergulir PNPM Mandiri Desa/Kecamatan Pagerwojo.

Diketahui pada proses audit, BPK RI menerjunkan sekitar enam orang untuk melakukan audit sejak 27 September 2022 dan akan berakhir pada 1 Oktober 2022.

"Objek pemeriksaannya nanti dokumen keuangan dari dana bergulir PNPM Mandiri. Jadi bukan orangnya yang diperiksa," jelas Kasareskrim.

Baca Juga: Kejahatan Cyber Semakin Canggih, Kapolres Ponorogo Minta Anggotanya Melek IPTEK

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X