• Sabtu, 10 Desember 2022

Pastikan Bansos BBM Sembako Tersalurkan Oktober

- Kamis, 29 September 2022 | 19:56 WIB
Ilustrasi bansos
Ilustrasi bansos

Blitar, koranmemo.com - Program bantuan sosial (bansos) dampak kenaikan bahan bakar minyak atau BBM di Kota Blitar terus dimatangkan. Rencananya bansos bakal disalurkan mulai bulan depan atau Oktober.

Kepastian itu diungkapkan Wali Kota Blitar Santoso. Dia mengatakan pihaknya memastikan bansos mulai digulirkan Oktober. Rencananya bansos diberikan dalam bentuk sembako senilai Rp 200 ribu. "Bansos nantinya dalam bentuk sembako diberikan mulai Oktober, November dan Desember. Mudah-mudahan lancar distribusinya," kata Santoso, Kamis (29/9).

Santoso mengatakan berdasarkan data awal, jumlah sasaran atau penerima bantuan sosial sekitar 2 ribu orang. Mereka tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sukorejo, Kepanjenkidul dan Sananwetan. Sementara ribuan data itu merupakan usulan dari sejumlah organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkup Pemkot Blitar. Seperti dinas sosial dan lain sebagainya. Dia menambahkan dana bansos sekitar Rp 2,3 miliar yang diambilkan dari dana transfer umum atau DTU.

Baca Juga: Siswanya Minim, Sebanyak 14 Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar Bakal Digabung

Baca Juga: Tabrak Pembatas Jembatan Bangon Ngawi, Truk Terjun ke Sungai, Begini Kondisi Sopir

Sementara itu Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim berharap bansos BBM benar-benar tepat sasaran. Jangan sampai ada tumpang tindih dengan penerima bansos lain. "Jangan sampai ada kecemburuan sosial. Harus tepat sasaran," harapnya. Dewan katanya, bakal mengawal program bansos BBM. Apalagi dananya juga mencapai miliaran rupiah. "Yang penting validasi data. Karena tujuan utama bansos ini adalah meringankan beban warga karena terdampak kenaikan BBM," jelasnya lagi.

Dewan lanjutnya, juga mendukung kaitannya dengan perwujudan bansos dalam bentuk sembako. Karena jika dalam bentuk fresh money atau uang langsung, khawatir untuk membeli kebutuhan yang tak perlu.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gudang di Blitar Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:56 WIB
X