• Sabtu, 26 November 2022

Pendaftaran Panwascam Kota Kediri, Tidak Ada Masa Perpanjangan

- Kamis, 29 September 2022 | 20:07 WIB
Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur meneliti berkas pendaftaran panwascam. (dok.Bayu/Memo)
Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur meneliti berkas pendaftaran panwascam. (dok.Bayu/Memo)

Kediri, koranmemo.com - Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat.

Tercatat, ratusan orang telah mendaftar untuk memperebutkan 3 tempat yang tersedia di setiap kecamatan di Kota Kediri. Sehingga dari tiga kecamatan di Kota Kediri ada 9 tempat yang diperebutkan.

Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur mengatakan, masa pendaftaran sudah ditutup dan tidak ada masa perpanjangan pendaftaran di Kota Kediri. “Total pendaftar 106, 53 laki-laki dan 53 perempuan,” ujarnya, Kamis (29/9).

Mansur mengatakan, ada persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran ini, apabila persyaratan itu tidak terpenuhi maka akan berujung pada perpanjangan proses pendaftaran. Persyaratan itu seperti harus terpenuhinya jumlah pendaftar minimal 4 kali dari jumlah kebutuhan di setiap kecamatan.

Baca Juga: Dua Pengedar Narkoba Jaringan Antar Pulau Dibekuk Satresnarkoba Polres Kediri

Aturan dalam rekrutmen Panwascam ini juga mensyaratkan adanya partisipasi dari kaum perempuan. Sehingga untuk bisa dikatakan memenuhi syarat harus ada 30 persen pendaftar perempuan dari jumlah 4 kali kebutuhan tersebut.

Berdasarkan catatan Bawaslu Kota Kediri, jumlah pendaftar untuk Kecamatan Mojoroto sebanyak 42 pendaftar, Kecamatan Kota 34, dan Kecamatan Pesantren 30. Berdasarkan jumlah tersebut, pendaftar perempuan telah melebihi 4 orang untuk setiap kecamatannya.

Mansur mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan seleksi administrasi dari berkas yang telah masuk dari para pendaftar. Ada sejumlah persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh para pendaftar untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

Pendaftar harus berusia minimal 25 tahun dan tidak menjadi anggota parti dalam 5 tahun terakhir. Mengenai hal tersebut, peserta harus menyertakan surat pernyataan yang menyatakan bukan anggota partai dalam 5 tahun terakhir.

Baca Juga: Pastikan Bansos BBM Sembako Tersalurkan Oktober

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Serunya Peringatan Hari Guru MAN 2 Kota Kediri

Jumat, 25 November 2022 | 18:05 WIB

Sertijab Kasat Lantas, Ini Pesan Kapolres Kediri Kota

Jumat, 25 November 2022 | 10:29 WIB
X