• Rabu, 30 November 2022

BIAN, Lebih dari 98 Persen Anak Sudah Terima Imunisasi

- Kamis, 29 September 2022 | 20:28 WIB
Seorang anak menangis ketika akan diberikan imunisasi (dok.Bayu/Memo)
Seorang anak menangis ketika akan diberikan imunisasi (dok.Bayu/Memo)

Kediri, koranmemo.com – Dinas Kesehatan Kota Kediri mencatatat capaian imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sudah melebihi target. Sebanyak 98,40 persen dari total target 17.477 balita telah mendapatkan imunisasi. Berdasarkan persentase tersebut, praktis secara total ada 17.198 balita sudah diimunisasi.

BIAN ini merupakan momen untuk mengejar capaian imunisasi pada balita yang sempat terganggu akibat adanya pandemi Covid-19. Seperti diketahui, akibat pandemi posyandu sempat diliburkan untuk menegah adanya penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima mengatakan, atas capaian yang telah diperoleh pada BIAN ini dirinya mengapresiasi seluruh kader dan tenaga kesehatan (nakes). Kinerja mereka telah membantu Kota Kediri melibih target 95 persen yang telah ditetapkan.

“Apresiasi untuk kinerja nakes dan kader-kader kesehatan,” ujar Fauzan, Kamis (29/9).

Baca Juga: Pendaftaran Panwascam Kota Kediri, Tidak Ada Masa Perpanjangan

Menurutnya, capaian tersebut tidak lepas dari upaya nakes dan kader kesehatan yang melakukan imunisasi secara door to door. Meski di lapangan masih ditemui orangtua yang takut untuk memberikan imunisasi kepada anaknya, secara telaten para nakes dan kader ini memberikan arahan dan penjelasan.

Untuk balita yang belum mendapat imunisasi juga telah didata oleh Dinas Kesehatan. Pendataan kepada 279 balita ini dilakukan dengan tujuan memastikan karena alasan apa tidak melakukan imunisasi, atau malah sudah melakukan imunisasi di tempat lain.

Pihaknya memang menemui sejumlah kasus yang harus menunda jadwal imunisasi karena balita tersebut sedang sakit. Sehingga untuk imunisasi perlu menunggu hingga balita tersebut sembuh terlebih dahulu.

Dia mengingatkan, penyelenggaraan BIAN ini akan berakhir pada Jumat (30/9). Untuk itu hari terakhir ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dia mengimbau kepada para orangtua untuk datang ke Posyandu maupun Puskesmas untuk memberikan imunisasi yang belum diperoleh anaknya.

BIAN ini gratis,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital

Selasa, 29 November 2022 | 18:55 WIB
X