• Sabtu, 26 November 2022

Gaet Wisatawan, Trenggalek Poles Sektor Pariwisata hingga Tingkat Desa

- Jumat, 30 September 2022 | 14:01 WIB
Wisatawan tengah menikmati destinasi wisata Desa Pandean  (angga/memo)
Wisatawan tengah menikmati destinasi wisata Desa Pandean (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Pertumbuhan desa wisata (dewi) di Kabupaten Trenggalek terus dirangsang agar semakin menggeliat. Rangsangan itu salah satunya dengan menggelar Anugerah Seratus Desa Wisata. Konsepnya masing-masing desa bakal berlomba – lomba untuk menggali maupun memoles potensi sebaik mungkin yang berdampak pada tingkat kunjungan wisata.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, kunjungan wisatawan itu akan menggerakkan roda perekonomian pelaku usaha yang bergerak di sektor kepariwisataan di tingkat desa. Untuk itu, dengan adanya anugerah sadewa diharapkan bisa memacu kreasi hingga memaksimalkan potensi baik alamnya, budayanya, maupun dengan event-event yang diselenggarakan.

“Dengan begitu harapannya geliat pelaku usaha jasa wisata bisa lebih baik lagi dan ekonomi di desa-desa bisa tumbuh dan berkembang,” kata Mas Ipin.

Baca Juga: Gelapkan Uang Perusahaan, Warga Turen Dibekuk

Dorongan pertumbuhan sektor pariwisata hingga tingkat desa itu, lanjut Mas Ipin, dimaksudkan sebagai salah satu strategi pemerintah daerah untuk memulihkan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sebab, para kandidat terpilih nantinya bakal mendapatkan uang pembinaan maupun penghargaan lainnya untuk memajukan desa wisata dengan memaksimalkan potensi yang bisa dikembangkan.

“Kalau di Kemenparekraf ada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), di Trenggalek ada Anugerah Sadewa. Ini merupakan anugerah pertama yang kami gelar di Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menjelaskan, akan menjaring 12 desa wisata ke dalam nominasi untuk ditentukan menjadi enam destinasi desa wisata terbaik. Untuk menyeleksi itu, pihaknya bakal mendatangkan juri dari eksternal luar Trenggalek.

Baca Juga: Harga Kedelai Naik Hingga 4 Kali Dalam Dua Minggu, Ini Yang Dilakukan Pedagang Pengecer

“Harapan kami semua pengelola desa wisata bisa berkreasi dan memberikan yang terbaik untuk destinasi yang mereka kelola,” kata dia.

Untuk diketahui, Sadewa merupakan program untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di tingkat desa. Pemerintah daerah menargetkan untuk merintis 100 destinasi wisata baru dari 152 desa dan 5 kelurahan di Bumi Menak Sopal. Sebab pemda menilai desa-desa itu memiliki potensi wisata untuk dikembangkan dan dikenal secara luas.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X