• Kamis, 8 Desember 2022

Jadi Sektor Wisata Unggulan, Pantai di Tulungagung Ternyata Dipenuhi Sampah Plastik

- Senin, 3 Oktober 2022 | 01:15 WIB
Proses pembersihan sampah plastik di Pantai Gerangan Tulungagung. (isal/memo)
Proses pembersihan sampah plastik di Pantai Gerangan Tulungagung. (isal/memo)

 

Tulungagung, koranmemo.com - Pantai di Tulungagung merupakan sektor wisata unggulan yang sedang disiapkan untuk menyambut Tol Kediri - Tulungagung demi menunjang perekonomian. Namun sayangnya, kondisi pantai dipenuhi sampah dan air yang tercemar microplastik justru mempengaruhi keindahan pantai di Tulungagung.

Atas permasalahan ini, pihak Legislatif menyoroti pengelolaan sampah di Pantai agar lebih baik, serta wisatawan yang tidak membuang sampah sembarangan.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung, Abdulah Ali Munib mengaku sangat menyayangkan atas kondisi sampah yang menghiasi pantai di Tulungagung. Pasalnya, keberadaan sampah-sampah itu tentu mempengaruhi keindahan pantai di Tulungagung.

Baca Juga: Kasus Oknum Polisi Terlibat Narkoba Terus Didalami, Kaki Tangannya Ditangkap Polres Tulungagung

Padahal sektor wisata pantai menjadi sektor unggulan yang sedang disiapkan demi menyambut tol Kediri - Tulungagung. Maka dari itu, pengelolaan sampah di pantai Tulungagung harus benar-benar di perharikan. "Hampir seluruh pantai di Tulungagung kondisinya serupa, dan ini menjadi persoalan kami bersama baik pihak Eksekutif maupun Legislatif," kata Abdullah Ali Munib, Minggu (2/10).

Atas permasalahan ini, jelas Munib, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing pantai. Pihak Pokdarwis sendiri mengaku sudah melakukan berbagai upaya pembersihan sampah yang ada di pantai. Bahkan keberadaan tempat sampah di pantai juga sudah banyak. Hanya saja memang terkadang terdapat wisatawan yang seenaknya membuang sampah sembarangan. Maka dari itu, kedepan bisa saja menyiapkan kelompok honorer untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan sampah di pantai. "Wilayah lain yang pariwisatanya maju sudah menerapkan itu, kami akan mendorong agar permasalahan ini bisa teratasi," jelasnya.

Disinggung terkait apakah ada aturan yang mengatur soal pemberian sanksi bagi wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai, Munib mengungkapkan memang selama ini aturan tersebut di Tulungagung belum ada.

Hanya saja untuk aturan soal pengelolaan limbah sudah diterapkan dan dijalankan oleh mitra komisi D yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sedangkan soal usulan dari pihak Ecoton yang meminta agar dibuatkan aturan tersebut, pihaknya masih harus melakukan kajian ulang dan akan menyampaikan hasip kajian itu ke Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). "Kita coba pelajari dulu permasalahan itu, kita kaji juga, baru bisa nanti kita putuskan untuk membuat aturan itu," pungkasnya.

Baca Juga: Bekuk Pengedar, Satresnarkoba Polres Kediri Amankan Pil Dobel L dan Berlogo Y

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X