• Rabu, 30 November 2022

Ada 7 Rempah-rempah, Bila Dicampur dengan Kopi Dapat Meningkatkan Khasiat, Ini Daftarnya

- Senin, 3 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Ilustrasi rempah-rempah (PIXABAY/babawawa)
Ilustrasi rempah-rempah (PIXABAY/babawawa)

koranmemo.com – Selain sebagai bahan masakan, ternyata rempah rempah juga bisa ditambahkan pada minuman kopi. Campuran rempah rempah ke dalam kopi selain dapat meningkatkan cita rasa, juga dapat meningkatkan khasiat.

Khasiat rempah-rempah yang dicampur kopi berkaitan dengan kesehatan. Sedangkan rasa kopi yang dicampur dengan rempah rempah seleranya tergantung masing-masing orang.

Mencampur kopi dengan rempah rempah bukanlah sesuatu yang baru di dunia kopi. Di beberapa negara Afrika dan Timur Tengah, mencampur rempah rempah dengan kopi sudah ada sejak lama.

Baca Juga: Intip Ramalan Zodiak Pisces Senin 3 Oktober 2022, Hari yang Baik untuk Investasi

Lalu rempah-rempah apa saja yang bisa dicampur dengan kopi ? Tentu tidak semua rempah bisa dicampurkan. Berikut rempah-rempah yang bisa dicampur dengan kopi yang koranmemo.com rangkum dari berbagai sumber :

1. Jahe

Rempah yang satu ini kerap dijadikan bahan utama  sebagai minuman tradisional Indonesia, seperti bandrek, wedang jahe, empon-empon, wedang uwuh, dan wedang secang. Mencampurkan jahe ke dalam minuman kopi ternyata juga bisa anda lakukan.

Selain khasiat jahe yang bisa anda dapatkan, rasa unik yang dihasilkan dari perpaduan keduanya juga dapat membuat nyaman ketika meminumnya.

Baca Juga: PSSI Jatuhkan Sanksi Tegas Untuk Arema, Berikut Penjelasan Iwan Bule

Jahe juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga berperan dalam memerangi kanker, meredakan mual serta mengatasi pencernaan yang bermasalah.

2. Kunyit

Campuran kunyit ke dalam minuman kopi bukanlah hal yang asing. Bahkan di negara Inggris, terdapat minuman bernama turmeric latte.

Sensasi hangat dan melegakan akan anda rasakan kala mengkonsumsi kopi kunyit. Selain itu, kandungan zat inflammatory yang terkandung dalam kunyit juga dapat menangkal radikal bebas, mencegah kemunculan kanker. Selain itu zat tersebut juga mampu mendetoksifikasi tubuh.

Baca Juga: Akun Instagram PSSI Ucapkan Belasungkawa Tragedi Kanjuruhan, Netizen Minta Arema Diberi Sanksi

3. Kayu manis

Selai dua rempah diatas, kayu manis juga kerap dijadikan sebagai campuran untuk minuman kopi. Kayu manis yang digunakan untuk campuran kopi bisa berbentuk bubuk atau batangan.

Kayu manis memiliki khasiat dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, melindungi sel-sel saraf manusia sehingga mampu menurunkan resiko alzheimer, menurunkan kadar gula, serta ampuh melawan bakteri jahat pada tubuh.

4. Kapulaga

Tak hanya sebagai rempah yang bisa dicampurkan pada masakan, kapulaga juga dicampurkan ke dalam minuman kopi untuk meningkatkan cita rasa.

Untuk rasa yang dihasilkan, tidak jauh berbeda dengan jahe. Sehingga sangat cocok anda campurkan ke dalam minuman kopi.

Kopi yang dicampur dengan kapulaga dipercaya dapat mengobati sakit perut, menurunkan tekanan darah yang sedang naik, serta dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

5. Cengkeh

Rempah yang identik sebagai campuran rokok ini ternyata juga bisa anda jadikan sebagai penambah cita rasa minuman kopi. Minuman kopi yang dicampur dengan cengkeh akan memiliki rasa dan aroma yang khas.

Seduhan kopi cengkeh juga memiliki manfaat seperti menurunkan kadar gula darah, mengurangi nyeri hingga demam.

6.  Merica

Bagi inda yang menginginkan sensasi rasa pedas dalam minuman kopi, tidak ada salahnya untuk mencampurkan sedikit bubuk merica ke dalam minuman kopi anda.

Kopi merica bahkan telah terkenal di negara Senegal dengan sebutan Cafe Touba. Selain rasa hangat ketika dikonsumsi, kopi merica juga bermanfaat meredakan flu, sakit tenggorokan, dan migrain.

7.  Buah pala

Buah pala yang memiliki cita rasa cenderung manis dapat meningkatkan sensasi rasa manis kala dicampurkan ke dalam minuman kopi. Tidaklah heran sebab buah pala merupakan salah satu alternatif pengganti gula.

Untuk menikmatinya, anda hanya cukup menambahkan bubuk buah pala ke dalam minuman kopi. Kopi yang dicampur dengan buah pala dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meringankan gejala flu, dan mengurangi gejala insomnia.

Itulah tadi 7 rempah-rempah yang bisa anda tambahkan ke dalam minuman kopi anda. Silahkan dicoba dan rasakan khasiatnya !***

Penulis : Suhaidi

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
X