• Sabtu, 10 Desember 2022

Dinkes Tulungagung Jalankan Geser Jadi Mantul, Sasar Ratusan Ribu Masyarakat Penderita Diabetes

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:47 WIB
Pelaksanaan pemeriksaan terhadap siswa dan guru di SMKN 1 Tulungagung untuk penjaringan penyakit diabetes () (isal/memo)
Pelaksanaan pemeriksaan terhadap siswa dan guru di SMKN 1 Tulungagung untuk penjaringan penyakit diabetes () (isal/memo)

 

Tulungagung, koranmemo.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung mulai menjalankan kegiatan Gerakan Serentak Jaring Diabetes Militus (Geser Jadi Mantul), Selasa (4/10/2022).

Geser Jadi Mantul sendiri menyasar sebanyak 796 ribu masyarakat yang dilakukan secara serentak di seluruh puskesmas di Kabupaten Tulungagung.

Kepala Dinkes Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendaliam Penyakit (P2P), Didik Eka Sunarya Putra mengatakan, kegiatan Geser Jadi Mantul itu dilakukan untuk mengenali faktor rrsiko terhadap penyakit tidak menular yakni diabetes itu sendiri.

Mengingat diabetes merupakan ibu dari segala penyakit kronis lainnya seperti kebutaan, gagal ginjal, jantung, stroke dan lain-lain.

Baca Juga: Persedikab Kediri Dapat Anggaran Rp 7 M Musim 2022-2023

Maka dari itu, penjaringan penyakit diabetes sendiri haruslah dilakukan sedini mungkin melalui kegiatan Geser Jadi Mantul tersebut.

Dengan demikian, nantinya sasaran yang terindikasi sudah terpapar diabetes haruslah segera diberikan konseling maupun penanganan yang tepat.

"Tujuannya agar apabila penyakit ini diketahui secara dini, jadi bisa dimanage lebih baik agar tidak sampai menyebabkan penyakit kronis," kata Didik Eka Sunarya Putra, Selasa (4/10/2022).

Kegiatan tersebut, jelas Didik, secara kabupaten dilakukan di SMA Negeri 1 Tulungagung dengan total sasaran sekitar 800 - 900 siswa dan tenaga pendidik.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X