• Kamis, 1 Desember 2022

Petani Tembakau Jombang Tersenyum Lega, Panen Bagus Harga Bagus, Meski Pupuk Sulit Didapatkan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:52 WIB
Petani tembakau wilayah utara Brantas saat memanen tanaman mereka. (ist)
Petani tembakau wilayah utara Brantas saat memanen tanaman mereka. (ist)

Jombang, koranmemo.com - Meski rendemen kurang baik jika dibandingkan tahun kemarin, petani tembakau di utara Sungai Brantas, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, dapat tersenyum lega.

Pasalnya, para petani tembakau di Dusun Pumpungan, Kabupaten Jombang ini dapat bernafas lega karena harga jual tembakau kali ini cukup bangus.

Para petani tembakau di Kabupaten Jombang, mengatakan jika harga jual tembakau panen tahun ini di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu perkilogram.

Raka (38) salah satu petani tembakau Dusun Pumpungan, mengatakan, tiap tahun tembakau hasil panennya tidak dijual basah kepada tengkulak tapi memilih dijual kering karena harganya jauh lebih mahal.

Baca Juga: Dinkes Tulungagung Jalankan Geser Jadi Mantul, Sasar Ratusan Ribu Masyarakat Penderita Diabetes

"Untuk harga, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini lebih tinggi. Per kilogram tembakau kering biasa tembus Rp 35 ribu mungkin bisa naik lagi sampai kisaran Rp 40 ribu," ujarnya, Selasa (4/10).

Raka menuturkan, tiap tahun memang rutin menanam tembakau. Saat ini, ia sudah memanen tiga kali dalam satu musim tanam.

"Pertama yang bagian bawah, kemudian tengah dan batuan atas daun tembakau. Untuk saat ini panen daun tengah yang sudah tua untuk dilakukan proses penjanturan di rumah," terangnya.

Raka mengaku bersyukur, pada musim panen raya tembakau kali ini harga tembakau lumayan tinggi, meskipun pupuk mahal dan sulit didapat.

"Jadi istilahnya masih tertolong dengan harga panen yang sekarang yang cenderung naik tidak seperti tahun kemerin kisaran Rp 28 ribuan perkilogram. Ini yang kita panen masih yang (kualitas) biasa, belum yang super,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X