• Kamis, 1 Desember 2022

Bupati Mundjidah Wahab Gandeng Desainer Kondang Promosikan Batik Jombangan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:29 WIB
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama para model dan desainer kenamaan Lia Afif warga asli Kota Santri saat berada di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (4/10/2022) pagi. (Dinas Kominfo Jombang)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama para model dan desainer kenamaan Lia Afif warga asli Kota Santri saat berada di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (4/10/2022) pagi. (Dinas Kominfo Jombang)

Jombang, koranmemo.com - Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menggandeng desainer kenamaan Lia Afif, asal Jombang, untuk mempromosikan Batik Jombang guna mendukung pelestarian dan pengembangan ekonomi kreatif Batik Jombang. Bentuk dukungan ini sekaligus memperingati Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2022.

Para model yang mengenakan baju hasil kreasi Lia Afif dengan menggunakan bahan batik Jombang ini akan ambil bagian dalam Surabaya Fashion Parade tanggal 7 Oktober 2022 di Surabaya, dan sekaligus memeriahkan Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke-112 pada 15 Oktober dan karya-karya apik Putri Jombang ini akan kita tampilkan di Fashion Street tanggal 15 Oktober 2022 yang dilaksanakan oleh Disporapar Jombang.

Sebelum memperagakan di ajang fashion show tersebut, sejumlah model terlebih dahulu memamerkan ke Bupati Jombang dengan mengenakan bahan batik Jombang pada sesi pemotretan di Pendopo Kabupaten Jombang. Hj Mundjidah Wahab merasa kagum, ternyata batik Jombang bisa terlihat memukai dan anggun jika didesain dengan baik.

Baca Juga: Lantik PJ Sekda, Mas Bup Dhito Pesan Pengawasan Bansos Tepat Sasaran

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang saya merasa bangga, Jombang memiliki desainer yang namanya sudah dikenal dimana mana, dan melalui tangan terampil dan kreatifnya Batik Jombang menjadi pakaian yang bagus " ungkap Bu Mun sapaan Bupati Jombang di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (4/10/2022) pagi.

Disampaikan Bupati Jombang, baju karya Lia Afif, sudah menasional. Untuk itu, Pemkab sengaja mengundang Lia Afif untuk mendesainkan baju dengan bahan batik khas Jombangan dan dapat dikenakan saat momentum hari Jadi Pemkab Jombang 15 Oktober di Pendopo Jombang nanti.

Selain itu, Bu Mun juga menyampaikan, upaya mempromosikan batik Jombang terus digaungkan dengan mengikutsertakan batik khas Jombang dalam ajang Surabaya Fashion Street pekan depan serta berbagai ajang pameran lainnya.

"Dengan begitu kita ingin batik Jombang lebih dikenal luas guna meningkatkan nilai jual batik khas Jombang. Kita mendorong agar para desainer maupun perajin batik di Jombang terus berinovasi untuk mengenalkan batik Jombang, dan berkomitmen mengenalkan batik keluar daerah, salah satunya melalui pameran yang akan diikuti Mbak Lia Afif ini," bangga Bupati.

Baca Juga: Kapolda Jatim Ucapkan Permohonan Maaf atas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Perlu diketahui, jumlah Pengrajin Batik Jombang yang produktif dan menghasilkan karya karya terbaik ada sekitar 25 (dua puluh lima) pengrajin, tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Jombang.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X