Waduh! Perbaikan Plengsengan Ambrol di Jatimalang Tak Bisa Tahun Ini, Ini Penyebabnya

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:56 WIB
Lokasi talud atau plengsengan yang melorot karena tergerus air.  (Aziz/memo)
Lokasi talud atau plengsengan yang melorot karena tergerus air. (Aziz/memo)

 

Blitar, koranmemo.com - Talud atau plengsengan yang ambrol di Jalan Muara Takus Lingkungan Jatimalang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul dipastikan tak bisa diperbaiki tahun ini. Pasalnya butuh anggaran atau dana besar untuk perbaikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar, Suharyono. Dia mengakui sudah mengecek langsung lokasi plengsengan yang longsor. Hanya saja soal permintaan dan desakan untuk segera memperbaiki sulit terpenuhi. Keterbatasan anggaran atau dana menjadi kendala.

"Sepertinya belum bisa tahun ini. Karena perbaikan juga butuh dana tak sedikit. Apalagi saat ini sudah masuk bulan-bulan akhir tahun 2022," kata Suharyono, Rabu (05/10).

Baca Juga: Dicek di Sipol, 19 Pendaftar Panwascam Ternyata Kader Parpol

Dikatakan Suharyono, melihat kerusakan plengsengan termasuk karegori parah. Karena bangunan melorot karena tergerus air. Untuk menjadikan lokasi padat semula harus dibangun saluran. Karena berdasarkan pengecekan, bangunan melorot karena memang gerusan air sangat tinggi.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa ditindaklanjuti. Kalau untuk tahun ini sepertinya belum bisa," katanya. Meski tak bisa tahun ini, lanjutnya pihaknya juga sudah turun tangan. Lokasi pinggir jalan sudah dipasangi penanda dan pengaman barrier. Bahkan polisi juga sudah memasang police line sebagai penanda lokasi rawan bahaya.

Sementara itu melorotnya plengsengan juga menjadi atensi Komisi 3 DPRD Kota Blitar. Wakil rakyat sudah mengecek lokasi dan memang penyebab melorotnya plengsengan karena gerusan air yang deras. Soal kualitas bangunan dewan menilai bagus. "Kualitas bangunan bagus. Kami menilai memang karena gerusan air ditambah di lokasi tidak ada saluran air," kata Ketua Komisi 3 DPRD Kota Blitar Bayu Setyo Kuncoro.

Baca Juga: Pengobatan Holistik Pada ODGJ, Pemkab Lamongan Gelar Jambore Kesehatan Jiwa

Baca Juga: Hore! Guru Honorer di Ponorogo Bisa Langsung Jadi PPPK Tanpa Tes, Ini Penjelasan Lengkapnya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X