Misteri Gas Air Mata yang Ditembakkan ke Tribun dalam Tragedi Kanjuruhan, Jenis Apa?

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:14 WIB
Mengenal jenis gas air mata . (Ist)
Mengenal jenis gas air mata . (Ist)

 

Malang, koranmemo.com - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi dalam Liga 1 Indonesia di Stadion Kanjuruhan antara Derby Jatim Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) lalu, menyisakan tanda tanya besar, dantembakan gas air mata yang dikeluarkan petugas keamanan ke arah tribun penonton jenis apa?

Misteri jenis gas air mata yang digunakan anggota Polri di sini koranmemo.com mencoba memberikan ulasan apa saja jenis gas air mata yang ada di Indonesia.

Apa itu gas air mata?

Baca Juga: Polres Lamongan Gelar Doa dan Salat Ghaib Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan 

Gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan. 

Gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan, tembakan (lontar) maupun bentuk granat (lempar). Alat ini sangat lazim digunakan oleh kepolisian dalam melawan kerusuhan dan dalam penangkapan. 

Zat yang ada didalam gas air mata ini dapat menyebabkan mata perih hingga mengeluarkan air mata, sesak nafas, kulit terasa panas dan melepuh hingga menyebabkan kematian (tergantung dari jenis isi maupun kadar bahan yang digunakan). 

Untuk gas air mata jenis tembak (lontar), selongsong gas air mata panjangnya hanya sekitar 10 Cm atau sebesar ukuran telapak tangan orang dewasa. Benda ini seperti peluru, ditembakkan melalui pistol pelontar. 

Baca Juga: Polisi Bubarkan Balap Liar di Ringinrejo, Pesertanya Ada Yang Masih Pakai Seragam Sekolah

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Gelar Sayembara Desain Logo HUT

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:36 WIB
X