Prediksi KPU Kota Kediri, 1503 Anggota Parpol akan Diverifikasi Faktual 

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:28 WIB
Nia Sari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri saat ditemui di kantornya  (dok.Bayu/Memo)
Nia Sari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri saat ditemui di kantornya (dok.Bayu/Memo)

Kediri, koranmemo.com - Pelaksanaan verifikasi faktual pemilu 2024 akan segera dimulai pada Sabtu (15/10). Meski penentuannya menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, KPU Kota Kediri telah memprediksi ada 1503 anggota partai politik (parpol) yang akan diverifikasi secara faktual.

“Kami sudah coba hitung dengan metode statistik yang digunakan, yaitu Krejcie dan Morgan. Hasilnya, kami memprediksi ada 1503 anggota parpol yang diverifikasi faktual,” ujar Nia Sari, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri, Selasa (11/10).

Nia menambahkan, hitungan itu hanya prediksi sesuai metode yang digunakan dalam penentuan sampel. Namun untuk penentuan sampel yang akan diverifikasi secara faktual akan dilakukan KPU pusat secara langsung dan diturunkan ke daerah melalui aplikasi Sipol. 

Baca Juga: Korban Akun BRImo Palsu Mengadu ke DPRD Kabupaten Kediri, Rp 177 Juta Amblas

Mengenai prediksi jumlah yang diverifikasi faktual, angka tersebut didapat dengan memasukkan hasil rekapitulasi verifikasi administrasi perbaikan yang telah selesai dilakukan. Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, KPU Kota Kediri mendapati 17 parpol lolos dari 21 parpol calon peserta pemilu yang tercatat memiliki kepengurusan di Kota Kediri.

Nia mengatakan, verifikasi faktual ini dilakukan hanya kepada partai baru atau partai yang tidak masuk dalam parliamentary threshold. Praktis, diprediksi hanya akan ada 8 parpol yang menjalani verifikasi faktual di Kota Kediri, karena 9 parpol yang masuk dalam parliamentary threshold  tinggal menunggu penetapan pada 14 Desember mendatang.

“Namun untuk menentukan lolos tidaknya parpol tersebut pada tahapan verifikasi administrasi tetap menunggu pengumuman dari KPU pusat pada 14 Oktober mendatang. Ini dikarenakan penentuan lolos tidaknya suatu partai menunggu akumulasi secara nasional,” ujarnya.

Baca Juga: Usai Libur Dua Hari, Persedikab Akan Kembali Jalani Latihan

Lebih lanjut, menjelang dilakukannya verifikasi faktual KPU Kota Kediri telah memiliki rencana untuk mengumpulkan para perwakilan parpol. Ini dilakukan setelah data dari KPU pusat turun, rencananya pada tanggal 15 Oktober mendatang.

Dikumpulkannya para perwakilan partai ini untuk mengkoordinasikan pelaksanaan verifikasi faktual. Mengingat waktu yang terbatas dan banyaknya orang yang harus didatangi secara langsung. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X