Gubernur Jatim Unggulkan Nanas Pasir Kelud, Mas Dhito Siap Kembangkan Kawasan Budidaya

- Sabtu, 15 Oktober 2022 | 21:26 WIB
Gubernur Jatim Unggulkan Nanas Pasir Kelud, Mas Dhito Siap Kembangkan Kawasan Budidaya
Gubernur Jatim Unggulkan Nanas Pasir Kelud, Mas Dhito Siap Kembangkan Kawasan Budidaya

Surabaya, koranmemo.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk kesekian kalinya kembali memamerkan nanas Pasir Kelud (PK-1) kepada setiap tamu yang datang ke Jawa Timur. 

Kali ini, nanas asal Kabupaten Kediri tersebut dipamerkan dalam kegiatan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II di Kantor BPSDM Jawa Timur, Jumat (14/10/2022).

Acara itu dihadiri Sekretaris Utama Lembaga  Administrasi Negara (LAN) Reni Suzana, kepala daerah penerima penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas, termasuk peserta pelatihan dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Dibungkus Dibanding Saat Makan di Tempat

"Ini saya akan pamerkan kepada bapak ibu sekalian, ada komandannya, pemilik dari area ini pak Bupati Kediri (Hanindhito Himawan Pramana), hampir setiap tamu saya kenalkan," katanya.

Khofifah yang sedari awal mengetahui dan merasakan varietas nanas PK-1 itu memang mengakui kelebihan nanas yang dikembangkan di lereng Gunung Kelud itu. Selain rasanya yang  manis, untuk menikmati buah itu cukup mudah.

"Ini nanas yang tidak perlu dikupas cukup dibelah-belah saja," terangnya.

Baca Juga: Deklarasi Spekal Jombang, Tunjuk Ketua AKD Jadi Pembina: Kebangkitan Pekerja Seni Setelah Pandemi

Pun begitu, untuk saat ini mendapatkan nanas kualitas unggul itu diakui tidak mudah karena pengembangannya yang belum masif. Untuk itu, Khofifah mengusulkan adanya pinjaman KUR Yarnen (bayar saat panen) bagi petani nanas.

Hal itu lantaran masa panen nanas varietas unggul itu yang sampai menunggu 18 bulan. Dengan KUR Yarnen itu, para petani diharap akan lebih banyak lagi yang mengembangkan untuk menanam nanas tersebut.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Sepanjang Agung Industri Digugat Pailit

Selasa, 29 November 2022 | 11:16 WIB
X