9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan (Halodoc.com)
Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan (Halodoc.com)

Bawang dayak, atau yang nama latinnya Eleutherine palmifolia L Merr, merupakan jenis bawang yang berasal asli dari Kalimantan, Indonesia. Jenis bawang ini telah dimanfaatkan secara turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit secara tradisional. Manfaat bawang dayak ini dapat mengobati aneka ragam penyakit mulai dari kolesterol, darah tinggi, diabetes, sembelit, maag, hingga stroke.

Secara bentuk, bawang dayak ini mirip dengan bawang merah biasa, namun lebih pipih dan cenderung lonjong. Sama seperti bawang merah, bagian umbinya juga terlapis tipis dengan penutup berwarna kecoklatan atau cenderung merah marun. Biasanya, bagian umbi ini yang paling banyak dikonsumsi dan dimanfaatkan, baik dalam bentuk segar atau dikonsumsi langsung, diolah menjadi kering, asinan, atau bentuk bubuk yang lebih awet serta praktis.

Manfaat bawang dayak ini tak hanya sekedar testimoni belaka, namun juga telah teruji secara klinis dalam berbagai penelitian. Bawang dayak memiliki kandungan antibakteri yang baik dan kuat, serta manfaat terapeutik. Senyawa aktif yang dikandung bawang dayak inilah yang berperan besar membentuk efek penyembuhan dan manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda tertarik untuk merasakan manfaatnya, maka pastikan Anda sedang tidak dalam proses pengobatan medis untuk menghindari kontraindikasi dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi atau Anda dapat memastikannya dengan tanya dokter online terlebih dahulu. Berikut 9 manfaat bawang dayak untuk kesehatan, yuk simak bersama.

Baca Juga: BNPB Salurkan Bantuan Penanganan Banjir di Trenggalek

1. Mencegah infeksi bakteri

Manfaat utama dari bawang dayak ini adalah sifat antibakterinya yang kuat. Konsumsi bawang dayak mampu mengatasi penyakit yang timbul akibat infeksi bakteri, juga dapat dikonsumsi rutin sebagai upaya pencegahan. Manfaat ini telah teruji melalui penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol yang dihasilkan dari bawang dayak ampuh melawan bakteri patogen jenis Staphylococcus aureus. Bakteri ini merupakan penyebab dari beragam infeksi seperti infeksi kulit, sepsis, serta osteomielitis.

2. Melawan radikal bebas

Jika Anda memiliki mobilitas tinggi di kota besar yang banyak polusi, maka Anda dapat mengonsumsi bawang dayak sebagai cara untuk melawan radikal bebas. Sebab, tubuh yang terus menerus terpapar radikal bebas tanpa memiliki pertahanan imunitas yang baik lebih rentan mengalami masalah kesehatan seperti demensia, penuaan dini, hingga kanker. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memilih cara alami dengan mengonsumsi bawang dayak yang kaya akan kandungan polifenol, flavonoid, dan triterpenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini mampu melawan paparan beragam radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Baca Juga: Kasus Penyelewengan Pupuk Subsidi Sumobito: Kejari Temukan Bukti Kuat, Segera Tetapkan Tersangka

3. Mencegah diabetes

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stop Lakukan Ini Sebelum Menuju Tahun 2023

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:00 WIB
X