5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Yang Bisa Diterapkan Dari Rumah

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:58 WIB
Tak perlu pergi ke salon sekarang kamu bisa ngatasinya sendiri di rumah, berikut ini 5 cara mengatasi rambut bercabang dan kering (Unsplash/ Kareya Saleh)
Tak perlu pergi ke salon sekarang kamu bisa ngatasinya sendiri di rumah, berikut ini 5 cara mengatasi rambut bercabang dan kering (Unsplash/ Kareya Saleh)
koranmemo.com - Memiliki rambut yang sehat merupakan dambaan hampir semua orang. Banyak orang yang rela merogoh banyak uang untuk melakukan perawatan rambut agar berbagai masalah kerusakan rambut tidak menghampirinya.

Masalah kerusakan rambut yang sering dialami oleh sebagian besar wanita selain ketombe dan rambut rontok adalah rambut bercabang. Masalah ini umumnya terjadi karena kulit kepala tidak menghasilkan minyak alami yang cukup untuk melembabkan tiap helai rambut

Ada berbagai faktor penyebab rambut bercabang yang umumnya terjadi seperti kekurangan vitamin dan protein, keseringan menggunakan alat penata rambut yang panas, suhu iklim yang sangat dingin atau panas, berenang di air yang mengandung klorin, ataupun terlalu sering mencuci rambut.

Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan rambut bercabang dan kering ini? Telah kami lansir dari berbagai sumber beberapa langkah untuk mengatasinya.
 
Baca Juga: Konon Dihuni Ikan Purba, Ini Lokasi Wisata Danau Rambut Monte Blitar

1. Jangan terlalu sering keramas

Seseorang dengan permasalahan rambut ini tidak perlu keramas setiap hari. Karena jarang keramas dapat membantu menjaga minyak alami di kulit kepala serta kelembaban rambut.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner memiliki kandungan alkohol berlemak, humektan, dan minyak. Bahkan di beberapa produk kandungan yang dimiliki adalah protein untuk mengikat sementara ujung rambut bercabang.

Karena kandungan yang dimiliki kondisioner itulah yang dapat membantu menjadikan rambut lebih sehat dan melindunginya dari kondisi bercabang.
 
Baca Juga: 5 Bahan Alami Untuk Cegah Rambut Rontok. Nomor 3 Wajib Kamu Coba Secara Rutin!

Penggunaan kondisioner biasanya digunakan setelah keramas. Dan bagi yang memiliki rambut kering, dalam penggunaannya sebaiknya dengan memakai tutup kepala atau shower cap, kemudian mendiamkannya sekitar 15 menit dan bilas.

3. Mengeringkan rambut secara perlahan

Saat rambut dalam keadaan basah, keringkan rambut secara perlahan dan lembut. Kamu bisa mengeringkan dan membungkusnya dengan handuk/

Hindari terlalu sering menggunakan hair dryer atau alat penata rambut. Karena hal tersebut dapat merusak struktur rambut dengan cepat sehingga tampak lebih kering.
 
Baca Juga: 5 Referensi Model Rambut Pendek Agar Penampilanmu Semakin Kece, No 4 Cocok Buat Kamu yang Masih Ragu

4. Potong rambut secara rutin

Salah satu cara yang dapat diandalkan untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan rutin memotongnya, terutama di bagian ujung.

Tren untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang dengan proses yang disebut velaterapia atau "pemotongan lilin".

Tapi bagi kamu yang ingin memiliki rambut panjang, jangan terlalu sering melakukan ini. Cukup lakukan ketika rambut terasa agak kering atau ujungnya bercabang.
 
Baca Juga: Cara Memakai Lipstik Nude Agar Wajah Tidak Kelihatan Pucat

5. Pakai masker rambut

Melakukan perawatan dengan menggunakan hair mask dapat membantu menjaga atau mengembalikan kelembaban rambut.

Salah satu bahan alami yang baik untuk digunakan sebagai masker adalah pisang dan telur.

Pisang mengandung kalium, zink, zat besi, dan beberapa vitamin sehingga dapat mengembalikan elastisitas rambut.

Sedangkan telur mengandung protein keratin dan asam lemak untuk mengembalikan bentuk helaian rambut yang rusak.

Nah itulah 5 cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi rambut bercabang dan kering. Semoga membantu.***

Penulis: Greselia Amanda

 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stop Lakukan Ini Sebelum Menuju Tahun 2023

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:00 WIB
X