Kusman Pembuat Gitar Bambu dari Kediri Sejak 1977, Belajar Membuat Alat Musik Secara Otodidak

- Sabtu, 5 November 2022 | 05:30 WIB
Kusman menunjukkan produk gitar buatannya yang berbahan dasar bambu (Bayu/Memo)
Kusman menunjukkan produk gitar buatannya yang berbahan dasar bambu (Bayu/Memo)

Kediri, Koranmemo.com - Membuat alat musik bukan perkara membalikkan telapak tangan, mampu mengolah atau membentuk kayu saja tidak cukup untuk bisa menghasilkan alat musik yang bersuara merdu.

Diperlukan kemampuan khusus dan perhitungan-perhitungan tertentu sehingga bisa menghasilkan alat musik yang berkualitas.

Salah satu orang yang memiliki keahlian ini adalah Kusman, warga Kota Kediri. Dia mampu membuat gitar, bass, biola, hingga cello secara manual tanpa menggunakan mesin.

Dia bercerita semasa anak-anak alat musik merupakan suatu hal yang sangat mahal untuk bisa dinikmati oleh kalangannya. Kusman ingat betul harga gitar pada saat itu yang paling bagus Rp 50.000, sedangkan yang standar berkisar di harga Rp 1.500. Namun toh dirinya juga tetap tidak bisa membeli gitar dengan harga tersebut.

Baca Juga: Perdana, Fin Fest 2022 Diharapkan Sukses Sentuh Berbagai Sektor

"Itu sekitar tahun 70-an, saya belajar musik juga secara otodidak dengan berkumpul bersama teman-teman yang saat itu senang bermain musik," ujar Kusman saat ditemui di tempat produksinya yang berlokasi di Banjaran Gang 1, Kota Kediri.

Hal yang membuatnya memutuskan untuk belajar membuat alat musik gitar sendiri adalah rasa ketakutan ketika menggunakan gitar dari milik temannya. Karena kalau ketika terjadi kerusakan pasti tidak akan mampu untuk menggantinya.

Berbekal keyakinan dan keinginan yang kuat dirinya mulai belajar membuat gitar sendiri. bermodalkan alat seadanya dia mulai mencoba untuk membuat gitarnya sendiri.

Saat itu dia melihat ada gitar temannya yang rusak, gitar temannya itu merupakan buatan Meksiko yang sangat bagus kala itu. Setiap bagiannya ia perhatikan dan akhirnya ia coba buat dengan alat yang seadanya.

Baca Juga: Di-PHK, Disekap dan Diperas, Buruh Pabrik di Jombang Laporkan HRD PT UFA Ke Polisi

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X