Ibu - Ibu di Lamongan Ciptakan Lilin Aroma Terapi Kayu Putih, Bisa Cegah Penularan Covid, Anda Tertarik? Ini L

- Sabtu, 12 November 2022 | 13:13 WIB
Kelompok Ibu - Ibu dari Desa Candisari Kecamatan Sambeng saat mengikuti festival Asman dan lomba kreasi berbahan Toga atau Tanaman Obat Keluarga yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. (Suprapto/memo)
Kelompok Ibu - Ibu dari Desa Candisari Kecamatan Sambeng saat mengikuti festival Asman dan lomba kreasi berbahan Toga atau Tanaman Obat Keluarga yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. (Suprapto/memo)

Lamongan, koranmemo.com - Berbagai cara dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid yang mulai naik kasusnya di Kabupaten Lamongan pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

Salah satunya adalah dengan melakukan inovasi yakni dengan mengubah minyak kayu putih asli menjadi lilin aroma terapi yang dipercaya mampu meningkatkan imun agar terhindar dari penularan Covid.

Hasil karya Kelompok Ibu - Ibu dari Desa Candisari Kecamatan Sambeng ini terbilang cukup ampuh.

Mereka mengolah minyak kayu putih produksinya menjadi lilin aroma terapi berbahan dari air sulingan minyak kayu putih asli 100 persen dan dicetak menjadi lilin dalam gelas ukuran mini ternyata aroma yang dikeluarkannya memiliki khasiat luar biasa terhadap pencegahan Covid.

Baca Juga: Resep Bakso Ikan, Olahan Bakso ala Chef Icha Irawan yang Beda, Rasanya Enak dan Gurih

"Cara menggunakannya cukuplah mudah. Lilin kayu putih ini dinyalakan dengan korek api dan seketika akan mengeluarkan aroma minyak kayu putih yang cukup kuat . Jika ditaruh di dalam ruangan aroma kayu putih inilah yang kemudian memberikan efek meningkatkan imun untuk melawan penyebaran Covid yang saat ini muncul di masyarakat," jelasnya Heprin Cahya Arti pencetus sekaligus pendamping dari Puskesmas Sambeng saat mengikuti festival Asman dan lomba kreasi berbahan Toga atau Tanaman Obat Keluarga yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Dalam festival yang di ikuti Ibu - ibu kreatif ini beragam produk dipamerkan dan dilombakan dalan festival Asman dengan bahan dasar tanam obat keluarga yang diolah menjadi produk makanan minuman sehat maupun obat dan bahan terapi. Salah satunya merupakan hasil karya Kelompok Ibu - Ibu dari Desa Candisari Kecamatan Sambeng ini.

Lebih lanjut Heprin Cahya Arti mengatakan, lilin aroma terapi kayu putih ini sangat cocok digunakan di dalam ruangan keluarga maupun tempat kerja . Karena fungsinya mampu memberikan peningkatan imun dan rasa tenang bagi mereka yang menghirup . Apalagi aroma kayu putih ini akan terasa hangat di hidung, sehingga cocok untuk mengurangi sekaligus pencegahan dini terhadap penularan Covid yang mulai merebak jumlah kasusnya.

"Tidak hanya lilin berbahan minyak kayu putih saja yang diproduksi guna pencegahan Covid. Namun juga lilin aroma terapi batang sereh menjadi produk unggulan ibu - ibu Desa Candisari ini yang dinilai mampu memberikan pengaruh tenang dan rileks bagi penikmatnya. Bahkan manfaat lainnya adalah mengusir nyamuk sehingga mencegah merebaknya demam berdarah," ungkapnya.

Baca Juga: Ekowisata Boon Pring Andeman Malang, Destinasi Wisata yang Adem dan Eksotis, Ini Lokasinya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X