Gelar Rakor Penyusunan IKP, ini Tujuan Bawaslu Nganjuk

- Sabtu, 19 November 2022 | 12:19 WIB
Suasana Rakor penyusunan KIP yang digelar Bawaslu Kabupaten Nganjuk. (istimewa)
Suasana Rakor penyusunan KIP yang digelar Bawaslu Kabupaten Nganjuk. (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada pemilu dan pemilihan serentak 2024, Jumat (18/11/2022).

Rakor penyusunan KIP yang digelar Bawaslu Kabupaten Nganjuk di salah satu hotel wilayah Kecamatan Nganjuk ini diikuti 60 peserta terdiri dari anggota KPU Kabupaten Nganjuk, Panwascam, Kanit Intel Polsek Nganjuk Kota, Intel Kodim 0810 Nganjuk, BPBD Kabupaten Nganjuk dan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk.

Dari pihak Bawaslu Kabupaten Nganjuk, hadir Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Abdul Syukur Junaidi, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Faturahman Safi’I dan Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Moh Safi’I Anam.

Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Faturahman Safi’I mengatakan, rakor ini untuk melakukan pemetaan dan penyusunan IKP pada pelaksanaan pemilu dan pemilihan 2024.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kab Kediri Gelar Sosialisasi Peraturan dan Non Peraturan

"Tentunya dengan mengacu kepada potensi kerawanan pada pelaksanaan pilkada 2017 maupun pemilu 2019," ujar Faturahman.

Selain itu, IKP ditarget bisa menjadi alat proyeksi dan deteksi dini terhadap kemungkinan kerawanan yang muncul dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024. 

“Sehingga dari hasil pemetaan dan penyusunan IKP nantinya, bisa menjadi basis data dalam menyusun strategi dan program pencegahan terkait potensi yang akan muncul dalam tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024,” jelasnya.

Ia berharap, dengan rakor ini, seluruh peserta bisa mendapatkan gambaran yang riil, sehingga potensi kerawanan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak 2024 nantinya bisa disampaikan secara fakta. 

Baca Juga: Pengangkatan PPPK Guru P III dan GTT Ponorogo, 129 Guru Dipastikan Terlempar, Simak Penjelasannya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X