Jelang Pilkades Serentak, Anggota DPRD Ponorogo Sidak di Sejumlah Tempat Pemungutan Suara

- Selasa, 22 November 2022 | 17:21 WIB
Anggota Komisi A DPRD Ponorogo saat melakukan sidak di sejumlah TPS di Ponorogo 
Anggota Komisi A DPRD Ponorogo saat melakukan sidak di sejumlah TPS di Ponorogo 

Ponorogo, koranmemo.com - Anggota A DPRD Kabupaten Ponorogo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak

Wakil Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo, Agung Priyanto mengatakan bahwa sidak yang dilakukan tersebut untuk memastikan bahwa gelaran pesta demokrasi tingkat desa itu berjalan lancar dan kondusif.

"Kita hanya memastikan bahwa Pilkades serentak ini bisa berjalan aman dan kondusif," ungkap Agung, saat diwawancarai koranmemo.com, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: UMK Tulungagung Tahun 2023 Dipastikan Naik Rp 84 Ribu, Keputusannya Tunggu SK Gubernur

Agung juga mengatakan bahwa dalam pilkades serentak tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Perbedaan tersebut yakni adanya TPS tambahan dalam setiap desa, hal ini karena sesuai peraturan, tentang adanya pembatasan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) maksimal 500 orang setiap disetiap TPS.

"Untuk penghitungan suara tetap di TPS induk, kita juga memastikan bahwa pengamanan kartu suara dari TPS tambahan ke TPS induk harus benar-benar aman," bebernya. 

Selain itu, Agung juga menambahkan bahwa sisa surat suara yang tidak digunakan harus dimusnahkan sesuai dengan berita acara. Hal ini untuk menghindari polemik paska Pilkades serentak.

Baca Juga: Generasi Muda Lamongan Ciptakan Produk Kis Fruit dari Buah Melon, Begini Ceritanya

Agung juga memastikan bahwa masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Hal tersebut terlihat dari jumlah masyarakat yang datang ke TPS diatas 80 persen. Sedangkan warga yang tidak bisa datang ke TPS panitia akan mencarikan solusi itu.

"Tadi ada beberapa panitia yang menjemput warga agar bisa memilih menggunakan hak suaranya," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X