• Selasa, 6 Desember 2022

Bawaslu Tulungagung Dipetakan Kerawanan, Antisipasi Gugurnya Pengawas dan Penyelengara Pemilu 2019

- Jumat, 25 November 2022 | 16:39 WIB
Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung, Fayakun saat memberikan pernyataan soal pelaksanaan indeks kerawanan pemilu  (isal/memo)
Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung, Fayakun saat memberikan pernyataan soal pelaksanaan indeks kerawanan pemilu (isal/memo)

Tulungagung, koranmemo.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulungagung mulai melakukan pemetaan indeks kerawanan pemilu.

Pemetaan indeks kerawanan pemilu dilakukan untuk meminimalisir gugurnya pengawas dan penyelenggara pemilu yang terjadi pada 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung, Fayakun mengatakan, pasca pelaksanaan Pemilu 2019, sudah melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi dia ingin mengantisipasi permasalahan pasca pelaksanaan pemilu pada tahun itu agar tidak terjadi lagi.

Pasalnya, saat itu banyak pengawas dan penyelenggara pemilu yang jatuh sakit hingga meninggal dunia usai pelaksanaan Pemilu 2019.

Baca Juga: Perbaikan 51 Ruas Jalan Senilai Rp 155 Miliar Digenjot, DPUPKP Ponorogo Optimistis Desember Selesai

Terjadinya hal itu diduga lantaran petugas kelelahan lantaran pelaksanaan pemilu yang terlalu lama.

"Mengantisipasi kejadian serupa, kami mulai melakukan pemetaan indeks kerawanan pemilu untuk pelaksanaan 2024 mendatang," kata Fayakun, Jumat (25/11).

Dilakukannya pemetaan indeks kerawanan pada pemilu ini, jelas Fayakun, bukan hanya langkah pencegahan agar kejadian pasca pemilu 2019 namun juga mencangkup kerawanan pada sisi politik, hukum, budaya, kriminalitas dan termasuk adanya bencana alam dan non alam. 

Mengingat pada pelaksanaan pemilu, sangat rawan terjadinya permasalahan tersebut utamanya dalam hal suara maupun sengketa lain.

Baca Juga: Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Libur Nataru, Dishub Tulungagung Pasang 50 Rambu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X