• Selasa, 6 Desember 2022

100 Persen Masyarakat Tulungagung Tidak ODF, Sebagian Jamban Belum Penuhi Syarat Layak Sehat

- Jumat, 25 November 2022 | 17:11 WIB
Ilustrasi buang air kecil setelah berhubungan intim. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi buang air kecil setelah berhubungan intim. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Tulungagung, koranmemo.com - Tahun ini, Kabupaten Tulungagung dipastikan sudah tidak ada masyarakat yang buang air sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Meski dipastikan masyarakat Kabupaten Tulungagung sudah tidak buang air sembarangan alias ODF, namun masih banyak jamban milik warga yang belum layak. 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Tulungagung, Anang Prastitianto, mengatakan, tahun ini Kabupaten Tulungagung sudah nenyandang predikat 10 persen warganya tidak ODF.

Pada Agustus lalu, sekitar 5 persen warga Tulungagung belum memiliki jamban sendiri sehingga mereka buang air secara sembarangan, terutama di sungai. 

Baca Juga: Dari Arah Yang Sama, Dua Pemotor di Trenggalek Terlibat Kecelakaan, Satu Meninggal Dunia

"Namun pada bulan ini kami memastikan sudah 100 persen warga tidak buang air sembarangan," kata Anang Pratitianto, Jumat (25/11).

Meski 100 persen masyarakat sudah tidak ODF jelas Anang, namun masih terdapat jamban milik warga yang belum standar. Jamban tersebut tidak memenuhi beberapa unsur persyaratan sehat. 

Diketahui, unsur syarat jamban sehat sendiri yakni jarak antara sumber air minum dengan lubang penampungan minimal 10 M, Tidak berbau, Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus dan lain-lain.

"Ada beberapa persyaratan jamban sehat, dan itu harus dipenuhi agar bisa dinyatakan layak," jelasnya.

Baca Juga: Bawaslu Tulungagung Dipetakan Kerawanan, Antisipasi Gugurnya Pengawas dan Penyelengara Pemilu 2019

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X