Dorong Desa Wisata Naik Kelas, Disparbud Trenggalek Gelar Anugerah Sadewa 2022, Ini Dia Profil Pemenangnya

- Minggu, 27 November 2022 | 12:16 WIB
Puncak gebyar ekonomi kreatif bertajuk rumaket greget dan anugerah sadewa di area Pasar Pon (angga/memo)
Puncak gebyar ekonomi kreatif bertajuk rumaket greget dan anugerah sadewa di area Pasar Pon (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek menggelar Anugerah Seratus Desa Wisata (Sadewa) 2022. Kegiatan yang diikuti puluhan desa wisata itu bertujuan untuk mendorong desa wisata naik kelas dengan meningkatkan kualitas, kreativitas, inovasi dan daya saing.

Berikut profil desa wisata terbaik berdasarkan enam kategori yang dilombakan.

A. Kategori desa wisata dengan daya tarik wisata terbaik, baik alam, budaya dan buatan diraih oleh Desa Wisata Budaya Dongko di Kecamatan Dongko.

Terletak sekitar 30,2 kilometer dari pusat kota, Desa Wisata Budaya Dongko menyuguhkan berbagai atraksi wisata menarik, seperti wisata budaya tari turonggo yakso, kerajinan bambu, UMKM batik shibori hingga upacara adat ngitung batih yang sukses menyedot banyak pengunjung.

Selain wisata budaya, pesona lain di Desa Wisata Dongko adalah wisata alam seperti watu payung, gema kucur, bukit baras dan jurug mangu hingga wisata buatan seperti embung wakelan dan wisata kulinernya.

Baca Juga: 571 Personel Polres Kediri akan Amankan Pilkades di 57 Desa, Ini Wilayah Yang Perlu Ekstra Pengamanan

B. Kategori desa wisata dengan kelembagaan terbaik diraih Desa Wisata Tasikmadu di Kecamatan Watulimo

Desa Tasikmadu terletak di kawasan Teluk Prigi yang memiliki potensi perikanan, pertanian, pertambangan hingga industri perikanan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai sejarah yang erat kaitannya dengan cerita rakyat.

Di desa itu menyimpan segudang potensi alam yang menarik untuk di kunjungi, diantaranya adalah salah satu spot andalan Bumi Menak Sopal yaitu Pantai Pasir Putih Karanggongso.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X