Hearing Bareng Disperinaker, Legislatif Dorong Pola Pelatihan Kerja di Trenggalek Lebih Efektif

- Senin, 28 November 2022 | 11:30 WIB
Kantor Disperinaker Trenggalek  (angga/memo)
Kantor Disperinaker Trenggalek (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Pola pelatihan kerja yang diterapkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Trenggalek mendapat evaluasi dari kalangan legislatif dalam rapat dengar pendapat yang diselenggarakan di Kantor DPRD Trenggalek. Evaluasi itu dilakukan agar daya serap hasil dari pelatihan tersebut lebih efektif.

“Urusan pelatihan harus melihat output dan berdaya guna. Kita ingin, kalau bisa pelatihan itu menggandeng dengan produsen yang mau menerima output dari pelatihan itu,” kata Ketua Komisi IV, Sukarudin yang jadi mitra kerja Disperinaker Trenggalek.

Pola pelatihan dengan menggandeng produsen yang membutuhkan keahlian tertentu itu dinilai lebih efektif ketimbang pelatihan-pelatihan yang hanya memodali skill peserta pencari kerja. Sebab tak sedikit para peserta yang memiliki skill tertentu masih kesulitan untuk mencari lowongan pekerjaan.

Baca Juga: UMK Kabupaten Kediri Diusulkan Naik Menjadi Rp 2.194.888,44

Baca Juga: Tidak Hanya Diikuti 100 Mobil Hias, Atraksi Ini Juga Meriahkan Batu Art Flower Carnival

“Misal yang butuh tenaga apa, keahliannya skill nya apa, itu baru dibuatkan pelatihan sehingga selesai pelatihan, anak-anak kita yang dilatih bisa langsung masuk kerja dan itu diprioritaskan untuk produsen yang ada di Kabupaten Trenggalek,” imbuhnya.

Jika pola pelatihan kerja dengan skema itu berhasil diterapkan, kalangan legislatif meyakini multiplier effect (efek berganda) roda perekonomian di Bumi Menak Sopal akan cepat bertumbuh, selain dukungan dari aspek lainnya. Untuk itu, legislatif mendorong agar pola pelatihan kerja di Trenggalek lebih efektif, salah satunya menggunakan skema tersebut.

“Kalau dia bertempat tinggal di Trenggalek, kerja di Trenggalek, punya bayar, maka kalau dia ke warung atau ngopi beli rokok di Trenggalek sehingga multiplier efek roda perekonomian di Trenggalek kan jalan,” pungkasnya.

Reporter : Angga Prasetya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X