Massa Organisasi Profesi Kesehatan di Jombang Demo Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

- Senin, 28 November 2022 | 17:43 WIB
Aksi penolakan terhadap RUU Kesehatan Omnibus Law yang disuarakan anggota organisasi profesi bidang kesehatan di Jombang.  (tim/memo)
Aksi penolakan terhadap RUU Kesehatan Omnibus Law yang disuarakan anggota organisasi profesi bidang kesehatan di Jombang. (tim/memo)

Jombang, korammemo.com - Massa dari organisasi profesi bidang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, apoteker serta profesi kesehatan lain, menggelar aksi demo

Aksi dilakukan untuk menolak isi Rancangan Undang-undang Kesehatan (RUU Kesehatan) Omnibus Law yang direncanakan masuk kedalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2023.

Aksi digelar dari kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jombang di Jalan Mastrip Desa Kepuhkembeng Kecamatan Peterongan. Dalam aksinya, mereka menyampaikan sejumlah tuntutan, Senin (28/11) sore.

Baca Juga: Datangi Kantor DPRD, Gabungan Organisasi Profesi Kesehatan Kota Kediri Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Ketua IDI Cabang Jombang, dr. Hexawan Tjahya Widada dengan didampingi ketua organisasi lainnya menyampaikan pernyataan sikap terkait penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law.

Setidaknya ada 5 poin pernyataan sikap yang disampaikan. Antara lain, menolak isi RUU Omnibus Law Kesehatan karena berpotensi besar merugikan kepentingan masyarakat dan bisa berdampak pada kesehatan masyarakat Indonesia

Kedua, menuntut dan mendesak agar RUU Omnibus Law Kesehatan dikeluarkan dari daftar prioritas prolegnas.

Kemudian ketiga, RUU Omnibus law kesehatan bisa berdampak mengganggu keharmonisan koordinasi organisasi profesi Kesehatan dengan pemerintah yang saat ini telah berjalan sangat harmonis dan saling bersinergi.

Baca Juga: Dispertabun Kabupaten Kediri Petakan Lahan Pertanian Terdampak Bencana Banjir

Berikutnya pernyataan sikap keempat, mendukung perbaikan sistim kesehatan terutama hal layanan kesehatan dan tenaga kesehatan hingga ke daerah daerah dengan melibatkan organisasi profesi kesehatan dan tetap menjaga kewenangan organisasi profesi kesehatan dalam mengaturnya profesi selama ini yang berjalan dengan baik dan tertib.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X