Diikuti 20 Sedulur Sikep, ARPL Kediri Latih Tanam Pohon Produktif di Pegunungan Kendeng Pati, Ini Manfaatnya

- Rabu, 30 November 2022 | 09:04 WIB
Tri Kendi dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL)Kabupaten Kediri latih  penanaman pohon untuk remaja sedulur sikep di pegunungan Kendeng Pati.  (Ist)
Tri Kendi dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL)Kabupaten Kediri latih  penanaman pohon untuk remaja sedulur sikep di pegunungan Kendeng Pati. (Ist)

Kediri, koranmemo.com - Sebagai bentuk kepedulian pada kelestarian lingkungan hidup, Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kabupaten Kediri melatih penanaman dan pemuliaan pohon produktif di wilayah Kedu, Sukolilo Kabupaten Pati Jawa Tengah. 

Ketua ARPL Kabupaten Kediri dr Ari Purnomo Adi menjelaskan, kegiatan ini diikuti 20 remaja setempat yang disebut sedulur sikep. 

Adapun pohon yang ditanam adalah pohon produktif seperti Alpokat, Nangka, Mangga dan Kelengkeng. 

Baca Juga: UPDATE INFO KEDIRI RABU (30/21), Traffic Light Jalan Dhoho Macet

Selain bermanfaat buahnya, tanaman ini penguat lingkungan dan menahan air karena akar yang kuat. 

" Kita ajak Tri Kendi sebagai pemateri untuk pembelajaran pola tanam yang benar pohon tersebut agar remaja di wilayah pegunungan Kendeng ini memahami pola tanam pohon bibit buah ini secara mendalam," jelasnya. 

Ditambahkan Adi, upaya ini untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan remaja Wiji Kendeng dalam memproduksi bibit buah produktif

Sisi lainya menjaga keselamatan dan kelestarian lingkungan alam di wilayah Kendeng Utara. Adapun manfaatnya ke depan untuk meningkatkan pendapatan lebih maksimal. 

Baca Juga: Dinkes Tulungagung Gelar Puncak HKN ke - 58, Tekankan Penguatan Program Germas

" Disisi lainya untuk mencegah terjadinya bencana hydromitrologi di wilayah tersebut. Saat ini musim cuaca ektrem dan perlu penanaman pohon pelindung untuk keselamatan dan kenyamanan masyarakat sebagai upaya pengurangan resiko bencana," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tirukan Gaya Mas Dhito, Wartawan Ini dapat Smartphone

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:21 WIB
X