Cara Unik Disdikbud Jombang Perkaya Wawasan Kebudayaan Guru Sejarah, Ini Kesan Para Guru

- Rabu, 30 November 2022 | 09:09 WIB
Saat para guru sejarah mengikuti tour sejarah dengan mengunjungi sejumlah tempat yang jadi tempat penyimpanan benda bersejarah.  (tim/memo)
Saat para guru sejarah mengikuti tour sejarah dengan mengunjungi sejumlah tempat yang jadi tempat penyimpanan benda bersejarah. (tim/memo)

Jombang, koranmemo.com-Cara unik diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dalam memperkaya wawasan kebudayaan bagi kalangan guru sejarah di kota setempat.

Seperti dilakukan pada Selasa (29/11) siang, puluhan guru sejarah lembaga sekolah tingkat SMP dan SMA se Kabupaten Jombang, diajak tour atau studi sejarah dengan mengunjungi sejumlah tempat yang jadi tempat penyimpanan benda bersejarah.

Sejatinya, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam pagelaran Workshop Cagar Budaya yang bertajuk Pelestarian Cagar Budaya Kabupaten Jombang, yang dikemas dengan melakukan studi sejarah.

Tak tanggung-tanggung, pemandu dalam tour sejarah di empat tempat yang dikunjungi ini, dihadirkan langsung dari pihak arkeolog BPCB Jawa timur. Diantaranya Andi Muhammad Said dan Ismail Lutfi.

Baca Juga: Diikuti 20 Sedulur Sikep, ARPL Kediri Latih Tanam Pohon Produktif di Pegunungan Kendeng Pati, Ini Manfaatnya

Ismail Lutfi mengatakan, acara tersebut digelar dengan maksud memperluas wawasan para guru yang mengajar siswa-siswi tentang sejarah.

Selain itu, juga untuk memberitahukan jika di Jombang, menyimpan banyak benda yang bersejarah dan perlu terus dilestarikan.

"Pesertanya para guru yang mengajar sejarah, maka output yang kami harapkan adalah sebuah kesadaran pada para guru itu bahwa di Jombang memiliki banyak benda peninggalan di masa lampau yang memiliki kandungan informasi kesejarahan yang luar biasa," ujarnya kepada koranmemo.com.

Kali pertama, para guru itu belajar dengan jalan-jalan santai di Unit Pengelolaan Informasi Majapahit yang terletak di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: UPDATE INFO KEDIRI RABU (30/21), Traffic Light Jalan Dhoho Macet

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X