Gelar Aksi, Puluhan Massa Minta Kemenkes Mencabut Izin PT Afi Farma di Kediri

- Rabu, 30 November 2022 | 15:27 WIB
Massa saat menggelar aksi di depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri. (rizky/memo)
Massa saat menggelar aksi di depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri. (rizky/memo)

Kediri, korsnmemo.com - Puluhan massa di Kediri menggelar aksi damai di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan PK Bangsa Kota Kediri, Rabu (30/11/2022).

Massa menggelar aksi meminta kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencabut izin PT Afi Farma yang diketahui memproduksi obat sirup mengandung etilen glikol dan editelin glikol.

Obat sirup mengandung etilen glikol dan editelin glikol tersebut diduga menjadi penyebab dari kematian pada anak karena alami gagal ginjal akut.

Massa juga mengirim surat kepada Presiden yang isinya meminta agar memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dan Menteri Hukum dan HAM untuk mencabut izin dan mencabut status badan hukum perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam penyalahgunaan obat.

Baca Juga: Hanya 3 Hari! Cek Promo Hypermart Kediri Diskon Hingga 50 persen, Ini Daftar Barangnya

"Ini adalah tindak lanjut sebelumnya, dimana kami melakukan sidak melihat PT Afi Farma kondisinya tetap beroperasi dan tidak ditutup," kata Khoirul Anam, Korlap Aksi.

Menurut dia, dikarenakan direktur PT Afi Farma sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri dan BPOM pusat sehingga pihaknya meminta agar Kementerian Kesehatan mencabut izin PT Afi Farma.

Selain itu, juga meminta agar Pimpinan PT Afi Farma dihukum yang seberat-beratnya karena melanggar HAM berat (genosida).

"Untuk perusahaan penyedia obat khususnya pimpinan PT Afi Farma harus dihukum seberat-beratnya karena sudah menyebabkan kematian anak karena gagal ginjal akut usai mengkonsumsi obat," jelasnya.

Baca Juga: Gegara Permenaker Baru, Usulan UMK 2023 Kota Blitar Berubah, Naik Menjadi Rp 2.186.000

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X