Imbangi Tiktok, Youtube, dan Facebook Trenggalek Luncurkan Pojok Baca Perkuat Literasi Generasi Penerus

- Rabu, 30 November 2022 | 16:20 WIB
Novita saat meresmikan book corner. (angga/memo)
Novita saat meresmikan book corner. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Madani Jawa Timur di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek mendirikan book corner.

Pendirian book corner atau pojok baca masyarakat itu bertujuan untuk memperkuat literasi generasi penerus masyarakat di wilayah pesisir Trenggalek.

“Gemar membaca terhadap generasi penerus memang harus terus didorong,” kata Pegiat Perempuan, Novita Hardini saat meresmikan book corner, Rabu (30/11).

Kecenderungan anak yang lebih menyukai sosial media, mulai dari Tiktok, Youtube, Facebook dan yang lainnya memang tak bisa dibendung diera perkembangan teknologi seperti saat ini.

Baca Juga: Kapolres Lamongan Serahkan Penghargaan pada Bhabinkamtibmas dan Pelajar Yang Berprestasi

Kendati demikian, pemerintah daerah berusaha mengimbangi dengan mendorong budaya membaca terhadap generasi penerus. Salah satunya adalah menyediakan ruang khusus seperti pojok baca.

“Memang perlu diimbangi dengan kegiatan positif seperti kegiatan membaca. Karena membaca dapat memperkaya referensi anak dalam mengisi kehidupannya,” imbuh pegiat perempuan yang juga Ketua TP-PKK Trenggalek itu.

Selain book corner di koperasi yang ada di wilayah pesisir selatan itu, Trenggalek juga menyediakan ruang khusus untuk memperbanyak literasi.

Salah satunya berada di area Alun-alun Kabupaten Trenggalek. Pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat menyediakan pojok baca dengan mengoperasikan beberapa armadanya secara mobile.

Baca Juga: APBD Defisit Rp 200 Miliar, Pemkab Ponorogo Belum Ingin Beli Kendaraan Listrik

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X