Sebelas Bulan Terjadi 163 Bencana di Kabupaten Blitar, Paling Banyak Angin Kencang

- Rabu, 7 Desember 2022 | 15:45 WIB
Kejadian truk terseret banjir bandang di Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung yang menyebabkan 4 tewas pada akhir Oktober lalu. (Aziz/memo) 
Kejadian truk terseret banjir bandang di Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung yang menyebabkan 4 tewas pada akhir Oktober lalu. (Aziz/memo) 

Blitar, koranmemo.com - Setiap tahun Kabupaten Blitar ada bencana. Namun hanya bencana angin kencang yang paling mendominasi.

Hal itu diakui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPPD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto.

Ivong Bettryanto menambahkan, setiap tahun mendata berbagai jenis bencana alam yang kerap melanda. Total kejadian ada 163 bencana alam

"Namun berdasarkan pendataan, bencana angin kencang yang paling banyak terjadi. Dan angin kencang diselingi dengan hujan," kata Ivong, Rabu (7/12).

Baca Juga: Pasca Tragedi Bom Bunuh Diri di Bandung, Polres Tulungagung Perketat Pengunjung

Ivong menyebut, untuk bencana angin kencang jumlah kejadian sebanyak 49 kali. Itu mulai rentang Januari hingga akhir November atau 11 bulan. 

Sejumlah lokasi menjadi sasaran angin puting beliung. Mulai Blitar bagian barat seperti Wonodadi, Sanankulon, Srengat hingga Udanawu. Ada juga Blitar utara seperti Kecamatan Nglegok dan lain sebagainya.

"Angin kencang totalnya 49 kejadian dengan lokasi berbeda-beda," katanya.

Selain angin kencang, lanjut Ivong ada pula bencana tanah longsor sebanyam 33 kejadian.

Baca Juga: Tes CAT Calon PPK KPU Kota Batu, 16 Peserta Langsung Gugur

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X