Kopi Sengunglung Sudah Jadi Favorit, Ini Impian Bupati Trenggalek ke Depan

- Rabu, 7 Desember 2022 | 16:31 WIB
Mas Ipin saat berfoto di depan kampung kopi sengunglung  (angga/memo)
Mas Ipin saat berfoto di depan kampung kopi sengunglung (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Kopi Sengunglung menjadi salah satu komoditas favorit masyarakat Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek.

Komoditas kopi jenis robusta yang berasal dari Gunung Sengunglung itu kini mulai dikenalkan secara luas. Sebab, kopi Sengunglung potensial untuk dikembangkan.

Pengembangan potensi varietas kopi yang dibudidayakan masyarakat Desa Sumberbening itu adalah dengan membuat tempat khusus untuk mengupas seluk beluk kopi yang berasal dari Gunung Sengunglung.

Tempat khusus di rest area Thuk Dali itu kemudian dikenal dengan sebutan Kampung Kopi Sengunglung.

Baca Juga: Pemkab Ponorogo Hemat Rp 30 Miliar Lebih dari Sisa Lelang Proyek Tender 2022

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat meresmikan Kampung Kopi Sengunglung mengatakan, kopi sengunglung potensial berkembang jika dikelola dengan strategi yang baik.

Strategi yang baik itu diantaranya adalah mengembangkan potensi yang ada dengan lebih berwawasan lingkungan maupun kearifan lokal.

“Seperti tetap mempertahankan bangunan – bangunan peninggalan sejarah hingga melestarikan cerita-cerita masyarakat sekitar yang berkembang sejak dulu sebagai bagian dari paket wisata,” kata Mas Ipin.

Selain tak mengabaikan soal rasa khas sebagai daya tarik bijih kopi, estetika bangunan juga menjadi salah satu pertimbangan wisatawan untuk berkunjung ke Kampung Kopi Sengunglung.

Baca Juga: Sebelas Bulan Terjadi 163 Bencana di Kabupaten Blitar, Paling Banyak Angin Kencang

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X