Tekan Inflasi , Disperindag Lamongan Gelar Operasi Pasar Murah, Ini Daftar Pelaksanaannya

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:00 WIB
Dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Lamongan gelar operasi pasar murah di pasar di wilayah kabupaten Lamongan.(Ist)
Dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Lamongan gelar operasi pasar murah di pasar di wilayah kabupaten Lamongan.(Ist)

Lamongan, koranmemo.com - Mengatasi inflasi pada kebutuhan pokok terutama komoditas minyak goreng dan gula pasir, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan mengadakan operasi pasar yang dimulai pada bulan November dan berakhir Desember tahun ini.

"Kami adakan operasi pasar ini karena adanya kenaikan drastis dan kelangkaan komoditas kebutuhan pokok," tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan Anang Taufik saat ditemui Kamis (8/12/2022) di Kantor Disperindag Lamongan.

Anang menerangkan adanya operasi pasar ini dilakukan secara merata di 27 Kecamatan yang ada di Lamongan. Sampai saat ini sudah terlaksana di 23 titik Kecamatan. Sedang 4 Kecamatan yang belum meliputi Kecamatan Maduran, Kecamatan Sekaran, Kecamatan Turi, dan Kecamatan Kalitengah yang rencananya akan diadakan operasi pasar pada 10 Desember besok.

Baca Juga: Aremania Sesalkan Liga 1 Lanjut di Tengah Duka dan Upaya Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

"Kami adakan operasi pasar secara menyeluruh di 27 Kecamatan. Saat ini mencapai 23 Kecamatan yang sudah, sisanya akan kami susul tanggal 10 besok," terang Anang.

Menyediakan 525 paket gula dan minyak pada setiap Kecamatan. Lamongan mendistribusikan dengan harga 11 ribu per itemnya atau 1 paket berjumlah 44 ribu yang terdiri dari 2 Kg minyak goreng dan 2 Kg gula pasir. Pendistribusian kepada masyarakat ditetapkan dengan peraturan 1 ktp dapat menebus 1 paket. "Kami distribusikan dengan harga 11 ribu per itemnya atau satu paketnya 44 ribu yang berisi 2 Kg gula pasir dan 2 Kg minyak goreng," kata Anang.

Anang juga menyampaikan bahwa kegiatan operasi pasar ini mendapat antusias besar dari masyarakat. Sehingga setiap pendistribusiannya selalu habis.

Baca Juga: Libatkan Forum Komunikasi RT/RW, Upaya Pemkot Kediri Pastikan Bansos Tepat Sasaran

Disperindag Lamongan juga menyediakan aplikasi Sistem Informasi Pengumpulan Data Harga Pokok (SIPULDABAPOK) untuk menyajikan dan disebarluaskan data harga harian, yang kemudian data tersebut dapat dijadikan dasar pengendalian harga di Kabupaten Lamongan. "Selain mengadakan operasi pasar, Disperindag Lamongan juga mengadakan program bantuan langsung tunai kepada para pedagang kaki lima di Lamongan," tutupnya.

Reporter : Suprapto
Editor Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X