Menyegarkan, Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Magetan Digelar di Lokasi Wisata Sumber Molang

- Rabu, 1 Februari 2023 | 19:11 WIB
Musrenbang digelar outdoor di lokasi wisata Sumber Molang Desa Bedagung (foto : diskominfo)
Musrenbang digelar outdoor di lokasi wisata Sumber Molang Desa Bedagung (foto : diskominfo)

Magetan, KORANMEMO.COM - Bappeda Litbang Magetan menggelar Musrenbang tingkat kecamatan di lokasi wisata Sumber Molang, Desa Bedagung, kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Rabu (1/2/23).

Untuk diketahui, Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) merupakan forum dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Camat Panekan, Dicong Maleleh, S.Stp menyampaikan, Wisata Sumber Molang, Desa Bedagung dimanfaatkan oleh dua desa.

Potensi yang ada di wilayah Panekan sangat luar biasa. Potensi alam ada 48 titik sumber air yang ada di Panekan.

Baca Juga: Panwaslu Peterongan Jaring Calon PKD Berintegritas, Sebanyak 32 Peserta Ikuti Tes Wawancara

“Kami sengaja mengadakan Musrenbang secara outdoor, karena ingin menunjukkan salah satu potensi yang ada di Sumber Molang,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Magetan, Sujatno. SE., MM, mengatakan, penyusunan perencanaan (RKPD) tahun 2024 ini (pada tahap Musrenbang) merupakan bagian dari siklus tahunan sistem perencanaan dan penganggaran daerah.

Tujuannya untuk memenuhi amanat Undang – Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 beserta perubahannya tentang pemerintahan daerah.

Disampaikan, DPRD Kabupaten Magetan dalam menjalankan Tri Fungsinya (Anggaran, Pengawasan dan Pembentukan Perda) dalam proses penyusunan RKPD sekarang akan selalu mengarahkan penyusunan kebijakan dan program.

“Pembangunan tahun 2024 agar lebih fokus dan terukur dalam mewujudkan fokus dan sasaran Kabupaten Magetan sesuai dengan RPD yang baru periode 2024-2026,” jelasnya.

Baca Juga: Dilanda Hujan dan Angin Kencang, Rumah Warga di Trenggalek Tertimpa Pohon Tumbang

Sementara itu, Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto. SH. M.Si menyampaikan, pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang diinginkan.

Pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang ideal yang diharapkan dapat dipenuhi.

Musrenbang kecamatan, katanya, merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah penanganan program kegiatan prioritas.

“Tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa, kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten di wilayah kecamatan,” kata dia.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X