• Rabu, 8 Desember 2021

Karir Band Padi, Mulai dari Terbentuk Hingga Vakum dan Berganti Nama

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:17 WIB
Padi Reborn.(kapanlagi.com)
Padi Reborn.(kapanlagi.com)

Koranmemo.com - Mendengarkan musik menjadi hal yang sering dilakukan kebanyakan orang. Entah hanya untuk sebuah hiburan maupun untuk kepentingan kesehatan mental. Berbicara tentang musik, di Indonesia banyak memunculkan musisi atau grup band yang luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya karya yang dikeluarkan oleh musisi Indonesia.

Dari banyaknya band di Indonesia, ada salah satu grup band yang sudah terkenal sejak dulu bahkan hingga sekarang, yaitu Padi yang sekarang berganti nama menjadi Padi Reborn.

Bagaimana kisah karir band ini? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Padi memulai karirnya pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 8 April. Sebenarnya grup band ini dibentuk untuk wadah kreatifitas seni lima mahasiswa asal Universitas Indonesia. Dengan nama sebelumnya yaitu Soda.

Namun kemudian diganti dengan nama band Padi karena nama ini bersifat membumi, serta mempunyai filosofi yang bagus, yaitu semakin berisi semakin merunduk. Dalam artian “manusia tidak layak bersifat angkuh maupun sombong dengan usia yang dimilikinya, masyarakat akan memandang baik seseorang apabila semakin tinggi usia, atau semakin tinggi kemampuannya, ia semakin merendahkan hatinya.” Nama ini juga melambangkan kesejahteraan.

Grup band asal Surabaya Jawa timur ini beranggotakan Ari Tri Sosianto (gitar, backing vocal), Andi Fadly Ariffudin (vocal), Surendro Prasetyo atau Yoyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bass), dan Satriyo Yudi Wahono atau Piyu (gitar, backing vocal).

Baca Juga: NFC Pada Smartphone dan Kegunaannya

Selama berkarir di industri musik tanah air, band Padi sudah mengeluarkan beberapa album. Di antaranya, album “Lain Dunia” pada tahun 1999, album “Sesuatu yang Tertunda” pada tahun 2001, album “Save my soul” pada tahun 2003, album “Padi” pada tahun 2005, album “Tak hanya diam” pada tahun 2007.

Serta merilis 2 single yaitu ‘Tempat Terakhir’ dan juga ‘Sahabat Selamanya’.

Band Padi juga sudah mendapatkan beberapa gelar atau nominasi penghargaan seperti AMI Awards (2001, 2003, dan 2005), Anugerah Planet Muzik (2002 dan 2004), dan penghargaan MTV Indonesia (2000, 2002, 2003, dan 2005)

Perjalanan karir grup band ini memang tidak mulus. Pasalnya band yang beranggotakan lima orang ini vakum pada tahun 2010 karena alasan tertentu. Meskipun vakum, tidak ada satu pun personel dari Padi yang berniat keluar dari band Padi.

Seperti yang dituturkan Fadly, vokalis Padi, ”Walaupun tujuh tahun terpisah, kita tuh sama-sama berkomitmen menjaga Padi, karena nggak ada satupun personel Padi yang bilang ‘aku mau keluar’ atau ‘aku mau bubarin band ini’.

Baca Juga: Doa Yang Dicontohkan Rasulullah SAW Untuk Petani

Setelah vakum selama tujuh tahun, pada tahun 2018 akhirnya mereka kembali berkumpul dan comeback serta mengubah namanya menjadi Padi Reborn dan masih dengan anggota yang sama yaitu Piyu dan Ari di gitar, Rindra di bass, Yoyo di drum, dan Fadly di vocal.

Mereka juga sudah merilis album terbaru pada tahun 2019 yang bernama ‘Indera Keenam’, serta single terbaru pada 10 September 2021 yang berjudul ‘Memberi Makna Indonesia’. Single ini sarat akan makna yang dilatar belakangi realitas kehidupan sosial yang ada saat ini.

Penulis : Olando Putra Chanisma
Editor: Della Cahaya

Editor: Uploader Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artist Awards (AAA) 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:51 WIB

Kim Jae Hwan Rilis Mini Album Keempat 27 Desember!

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:45 WIB

Eternals dari MCU Bakal Tayang di Disney+ Januari 2022

Senin, 29 November 2021 | 15:14 WIB
X