• Rabu, 8 Desember 2021

Efek Samping Konsumsi Vitamin C, A, E Berlebih

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:48 WIB
Ilustrasi Vitamin (Istimewa)
Ilustrasi Vitamin (Istimewa)

Koranmemo.com - Di masa pandemi covid-19, mengonsumsi vitamin nampaknya sudah menjadi hal yang wajib untuk kita lakukan. Kandungan di dalam vitamin yang sangat bagus untuk tubuh akan dapat menjaga bahkan meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal tersebut dilakukan agar kita bisa meminimalisir tertular covid-19.

Vitamin sendiri adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang fungsi sel dan menjaga kesehatan. Biasanya vitamin yang dijual di toko obat memiliki dosis yang aman dikonsumsi. Namun, masih saja ada orang yang mengkonsumsi vitamin secara berlebih dengan dalih agar mereka lebih bagus untuk imunitas tubuh mereka.

Banyak sekali jenis vitamin yang bisa kita konsumsi setiap hari. Jenis vitamin tersebut pun juga memiliki manfaat tertentu untuk tubuh kita. Namun, kita juga harus ingat kembali, sesuatu yang berlebihan itu juga tidak bagus.

Yang awalnya vitamin bisa memberi manfaat untuk kita, tapi karena kecerobohan kita dengan mengkonsumsi berlebih justru akan memberikan efek samping yang buruk untuk tubuh kita.

Berikut ini beberapa efek samping yang akan kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi vitamin secara berlebih di setiap jenisnya.

Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dapat melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Itu semua bisa kita dapatkan ketika kita mengkonsumsinya dengan dosis yang pas.

Berbeda halnya apabila kita mengkonsumsi vitamin C secara berlebih. Pastinya akan ada efek samping yang buruk untuk tubuh kita, antara lain: gangguan pencernaan, sakit kepala, menyebabkan batu ginjal dan masih banyak lagi.

Untuk batasan dosis vitamin yang dapat kita konsumsi berbeda-beda tergantung usia dan kebutuhan kita. Melansir Mayo Clinic, Secara umum batasan dosis yang dapat ditoleransi tubuh untuk orang dewasa sebesar 2000 miligram , kemudian untuk usia 14-18 tahun kurang lebih 1800 miligram, untuk usia 9-13 tahun sebesar 1200 miligram, anak usia 4-8 tahun sebesar 650 miligram dan untuk anak usia 1-3 tahun sebesar 400 miligram.

Vitamin A

Vitamin A mempunyai manfaat untuk penglihatan kita. Selain itu vitamin A juga bisa untuk kesehatan kulit, gigi dan tulang. Namun, jika mengkonsumsi vitamin A secara berlebih pastinya akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Sering sekali seseorang merasa kekurangan vitamin A, kemudian mereka mengkonsumsi suplemen vitamin A padahal dengan menerapkan pola hidup sehat dan bergizi itu sudah cukup untuk kebutuhan vitamin A pada  tubuh kita.

Untuk dosis maksimal vitamin A yang diperlukan tubuh kita berbeda-beda, tergantung usia dan kebutuhan tubuh kita. Berikut adalah maksimal dosis vitamin A berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019

    Anak usia 1–3 tahun: 400 mikrogram

    Anak usia 4–6 tahun: 450 mikrogram

    Anak usia 7–9 tahun: 500 mikrogram

    Anak remaja: 600 mikrogram

    Pria dewasa: 600–700 mikrogram

    Wanita dewasa: 600 mikrogram

    Ibu hamil dan menyusui: 900–950 mikrogram

Ketika kita melebihi batas dosis konsumsi vitamin A, nantinya akan menimbulkan resiko atau efek samping yang buruk pada tubuh kita. Di antaranya menyebabkan berbagai masalah, seperti mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, kelelahan, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, koordinasi otot yang buruk, nyeri tulang, gatal, rambut rontok, menstruasi tidak teratur, osteoporosis, dan kerusakan hati.

Vitamin E

Bukan hanya mempunyai manfaat untuk menghaluskan kulit, vitamin E juga bisa sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Selain itu vitamin E mempunyai manfaat untuk menunjang kesehatan mata, menjaga keseimbangan hormon, membantu memberikan nutrisi penting untuk menunjang kehamilan dan perkembangan janin dan masih banyak lagi.

Mengkonsumsi vitamin E secara berlebih dapat menimbulkan beberapa efek samping yang buruk untuk tubuh kita. Maka dari itu kita harus mengetahui berapa batasan dosis yang kita perlukan agar bisa tercukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh kita.  

Berikut ini adalah batas dosis vitamin E yang diperlukan tubuh kita setiap harinya berdasarkan usia dan jenis kelamin, melansir dari peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

    Usia 0 – 5 bulan: 4 mcg

    Usia 6 – 11 bulan: 5 mcg

    Anak-anak 1 – 9 tahun: 6 – 8 mcg

    Anak laki-laki 10 – 12 tahun: 11 mcg

    Laki-laki ≥ 19 tahun: 15 mcg

    Perempuan ≥ 10 tahun: 15 mcg

    Perempuan di atas 65 tahun: 20 mcg


Efek samping yang ditimbulkan ketika kita mengkonsumsi vitamin E secara berlebih di antaranya  dapat menyebabkan diare, sakit kepala, tubuh menjadi lemah, gangguan pada penglihatan, perut kembung dan mual.

Dari beberapa penjelasan di atas, mengonsumsi vitamin secara berlebih ternyata akan memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan kita. Yang awalnya kita ingin hidup sehat dengan mengkonsumsi vitamin, namun justru menimbulkan penyakit yang merugikan kita.

Perlu kita ketahui, mengkonsumsi vitamin haruslah sesuai porsi yang dibutuhkan, atau kita bisa berkonsultasi langsung kepada dokter agar kita tidak salah dalam mengkonsumsi vitamin yang kita inginkan.

Penulis: Ovando Putra Chanisma
Editor: Della Cahaya

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Keutamaan dan Manfaat Menggunakan Siwak

Jumat, 26 November 2021 | 17:02 WIB

Manfaat Daun Binahong Selain untuk Menyembuhkan Luka

Jumat, 26 November 2021 | 09:07 WIB

Petai Cina Atau Lamtoro, Manfaat dan Kandungannya

Kamis, 25 November 2021 | 11:32 WIB

Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan, Ini Salah Satunya

Kamis, 25 November 2021 | 09:56 WIB

7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Kaya Nutrisi

Rabu, 24 November 2021 | 14:11 WIB

Resep Agar Tidur Kita Berkualitas

Rabu, 24 November 2021 | 11:22 WIB

Mata Merah, Ini Beberapa Penyebabnya

Rabu, 24 November 2021 | 10:02 WIB
X