• Rabu, 8 Desember 2021

Awas! Inilah 9 Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:27 WIB
Ilustrasi Vitamin (Istimewa)
Ilustrasi Vitamin (Istimewa)

Koranmemo.com - Vitamin C berfungsi memproduksi kolagen, karnitin, bahan kimia, dan asam amino. Vitamin C penting untuk kesehatan tulang, pembuluh darah dan pengobatan cedera serta memfasilitasi pemulihan dari luka bakar. 

Selain itu, vitamin C juga dapat pencegahan kanker, menjaga daya tahan tubuh, dan memfasilitasi penyerapan zat besi. Sumber makanan vitamin C termasuk buah jeruk, tomat, kentang, brokoli, stroberi, dan paprika manis.

Dikenal efektif dalam mencegah sariawan, antioksidan yang kuat dalam vitamin C juga bermanfaat untuk merendahkan resiko penyakit kronis dan hipertensi. Tidak heran jika gusi berdarah ialah akibat dari kekurangan vitamin C.

Mikronutrien satu ini juga berfungsi untuk mencegah kekurangan zat besi, menurunkan risiko gagal jantung, hingga menurunkan asam urat darah. 

Sebagai vitamin esensial, vitamin C memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Keuntungan lainya yang bisa Anda dapatkan jika kebutuhan vitamin C terpenuhi adalah daya tahan tubuh yang terjaga, daya ingat dan kemampuan berpikir terjaga sehingga risiko demensia juga bisa dihindari. 

Apa saja akibat bila tubuh kekurangan vitamin C?

  1. Kulit Kering dan Kasar

Vitamin C ialah antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang dapat mengubah konstruksi protein, terutama DNA.

  1. Kulit Mudah Memar, Mimisan

Memar merupakan hasil dari hancurnya pembuluh darah kapiler di pinggir kulit. Kekurangan vit C dapat membuat pembuluh kapiler lemah serta rusak sehingga mudah terjadi luka pada kulit atau mimisan.

  1. Rambut Kering dan mudah Rontok

Vitamin C mampu membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh rambut. Jika tubuh kekurangan vitamin C, maka akan berdampak pada kesehatan rambut akibat penyerapan zat besi yang tidak optimal. 

  1. Gampang Sakit

Vitamin C mempunyai peran penting dalam melindungi sistem imun. Adapun kekurangan vitamin C, bisa mengakibatkan Anda mudah sakit dan dapat memperlambat proses pengobatan. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan dan Manfaat Menggunakan Siwak

Jumat, 26 November 2021 | 17:02 WIB

Manfaat Daun Binahong Selain untuk Menyembuhkan Luka

Jumat, 26 November 2021 | 09:07 WIB

Petai Cina Atau Lamtoro, Manfaat dan Kandungannya

Kamis, 25 November 2021 | 11:32 WIB

Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan, Ini Salah Satunya

Kamis, 25 November 2021 | 09:56 WIB

7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Kaya Nutrisi

Rabu, 24 November 2021 | 14:11 WIB

Resep Agar Tidur Kita Berkualitas

Rabu, 24 November 2021 | 11:22 WIB

Mata Merah, Ini Beberapa Penyebabnya

Rabu, 24 November 2021 | 10:02 WIB
X