• Rabu, 8 Desember 2021

Sebanyak 20 Pelaku Usaha IKM Ikuti Kurasi Produk untuk Ekspor

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:45 WIB
Kurator dari rumah kurasi Kediri lakukan wawancara dengan pemilik usaha kuliner Kabupaten Kediri yang disiapkan untuk ekpor  (bakti/memo)
Kurator dari rumah kurasi Kediri lakukan wawancara dengan pemilik usaha kuliner Kabupaten Kediri yang disiapkan untuk ekpor (bakti/memo)

 

 
 
 
Kediri, koranmemo.com - Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kediri berkoordinasi dengan Rumah Kurasi Kediri menggelar kurasi untuk 20 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dibidang kuliner Kabupaten Kediri.
 
Kurasi merupakan uji keakuratan terhadap kualitas produk berkualitas yang memiliki standarisasi dengan segmen pasar lokal, nasional, dan siap ekspor.
 
Drh. Tutik Purwaningsih Kepala Disdag Kabupaten Kediri mengatakan, produk dari 20 pelaku usaha IKM sangat penting untuk dibuat standarisasi.
 
"Intinya sebagai quality control produk IKM yang tersertifikasi dan untuk menentukan pasar ke depannya. Apakah untuk lingkup Kediri, Jawa Timur, nasional, dan ekspor,” ujar Tutik, Minggu (24/10/2021).
 
Dalam hal ini pelaku usaha IKM memahami pola pemasaran yang jelas dengan produk yang berkualitas. Mengkurasi produk ini bertujuan untuk sertifikasi dan memiliki legalitas karena sudah ada sertifikasi dari BPPOM. 
 
“Sertifikasi halal dari MUI, masa kadaluwarsa, izin dari dinas kesehatan terkait kelengkapan nutrisi dan gizi,” kata Tutik.
 
Dijelaskan Tutik, di Kabupaten Kediri saat ini ada 20 pelaku usaha kuliner yang dilakukan sertifikasi oleh kurator berpengalaman dan sebagian besar yang dikurasi di bidang kuliner .
 
”Adapun pelaku usaha yang mengikuti kurasi, di antaranya beragam jenis minuman yang dikemas dalam saset, dan botol, sambel pecel, brambang goreng Mbok Jabrik, jamu kemasan, berbagai jenis abon dan makanan ringan dalam kemasan,” uranya.
 
Tutik menambahkan, uji kelayakan itu yang diperiksa kurator adalah kehalalan produk, informasi nutrisi dan gizi, izin IPRT, kejelasan masa kadaluwarsa dan pola pengemasan. 
 
Sementara itu, Setyo Hadi dari Rumah Kurasi Kediri mengatakan, adanya kurasi terhadap produk kuliner pelaku usaha IKM ini untuk menyakinkan konsumen bahwa produknya layak dikonsumsi dan dipasarkan. 
 
“Ada beragam jenis sertifikasi yang tertera di kemasan ini harus diperiksa kurator berpengalaman. Layak atau tidak untuk dipasarkan, benar atau tidak sertifikasi yang tertera dalam kemasan,” jelasnya. 
 
Tyo menambahkan, jika sebuah produk dikemas dengan pengemasan meyakinkan dan informasi kelengkapan sertifikasi lengkap di sisi kemasan, tentu konsumen akan yakin bahwa produk layak jual dan dipasarkan. 
 
“Jika kurator menilai produk yang dikurasi berkualitas tentu produk tersebut layak dipasarkan di pasar moderen di tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan ekspor,” imbuhnya.
 
Tyo menjelaskan, untuk tulisan masa kadaluwarsa tidak ditulis sendiri oleh pelaku usaha. Namun yang berhak adalah pihak yang menyertifikasi dengan jangka waktu yang sudah ditentukan masa kadaluarsanya.
 
“Dari hal inilah peran kurator penting untuk menentukan barang tersebut layak dipasarkan atau tidak,” katanya.
 
Nanik (40) pelaku usaha Naster Kurma dari Papar mengaku serius ikuti kurasi untuk produknya. Ini upaya menjaga kualitas produk agar tetap laris, lancar, berkualitas dan barokah. 
 
Nanik juga ingin tahu sejauh mana dengan ikuti kurasi ini produknya bisa dipasarkan lebih luas. 
 
“Puluhan kemasan sudah kami buat dan tingkat pemasaran di Kabupaten Kediri dan Jawa Timur. Kami ingin juga dengan sertifikasi dari tim kurasi pemasaran lebih meningkat tajam ke tingkat nasional ataupun ekspor,” katanya.
 
Reporter : Bakti Wijayanto
Editor : Muji Hartono

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Sah! UMK Kabupaten Ngawi 2022 Hanya Naik Rp. 2 Ribu

Minggu, 5 Desember 2021 | 18:38 WIB

5 Cara Agar Uang Tidak Cepat Habis Bagi Anak Rantau

Senin, 29 November 2021 | 11:26 WIB

Pemkot Blitar Usul Kenaikan UMK Naik 0,98 Persen 

Jumat, 19 November 2021 | 06:23 WIB

Ini Usulan Kenaikan UMK 2022 dari Disnaker Ngawi

Selasa, 16 November 2021 | 20:23 WIB

Harga Emas Antam per 9 November 2021, Lengkap!

Selasa, 9 November 2021 | 13:29 WIB

Usaha Budidaya Ulat Kandang di Jombang

Selasa, 9 November 2021 | 07:00 WIB

Asuransi Usaha Tani Padi di Kota Kediri Minim Peminat

Senin, 8 November 2021 | 21:28 WIB

Angka Pengangguran Meningkat, Daya Beli Menurun

Kamis, 4 November 2021 | 18:48 WIB

Harga Minyak Goreng Terus Naik, Penjualan Turun

Selasa, 2 November 2021 | 15:24 WIB

Menkeu Sebut Tiga Tantangan Pemulihan Ekonomi Global

Minggu, 31 Oktober 2021 | 13:54 WIB
X