• Senin, 23 Mei 2022

Pantomim Mudah Dilakukan Untuk Semua Umur

- Senin, 15 November 2021 | 21:14 WIB
Poster sebuah pertunjukkan pantomim  (ist)
Poster sebuah pertunjukkan pantomim (ist)
 
 
Kediri, koranmemo.com - Pantomim saat ini sedang digandrungi kalangan muda di seluruh pelosok negeri. Dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah bisa menyampaikan cerita lucu, sedih, gembira dan kaget. 
 
Yang utama dalam menyampaikan cerita harus bisa menguasai gaya bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
 
Biasanya seorang pemula akan diajak pelatih untuk melakukan pemanasan terlebih dulu tak beda jauh dengan sebelum olahraga.
 
Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kram pada perut,kaki dan tangan. Latihan secara intens dan kontinyu bisa menjadikan seorang pemula paham akan pantomim.
 
Setidaknya butuh waktu dan proses panjang untuk menjadi pantomim handal. Karenanya seorang pemula bisa meningkat kepandaian pantomimnya karena seringnya berlatih bersama pelatih yang paham unsur pantomim
 
Pelatih pantomim juga harus paham penataan music, penataan kostum, rias, tata panggung, tata cahaya dan penulisan naskah.
 
Anak-anak SD dan pemula lainya bisa berlatih dengan mudah asal mereka serius dan intens berlatih bersama pantomimer. 
 
Justru dari anak-anak SD inilah pantomim bisa dilakukan karena mereka memiliki kelenturan tubuh dan bisa memiliki ekspresi murni. 
 
Artinya ekspresi dengan sedikit arahan bisa memainkan karakter yang diperankan.
 
 
Berlatih pantomim dengan intens bisa membuahkan hasil yang maksimal pula. Pantomimer harus sering pentas untuk mengasah keterampilan berpantomim.
 
Agar lebih terasah semakin tajam bisa mengikuti even lomba di berbagi tempat mulai tingkat lokal hingga nasional. Hal ini akan menambah pengalaman jam terbang pantomimer.
 
Dengan mengikuti lomba di berbagai event bisa dijadikan pijakan pengalaman dalam berpantomim. Disisi lainya untuk melatih kesanggupan dan keberanian di atas panggung.
 
 
Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Ini Jawabannya

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:17 WIB

Yuk Ramaikan! Ini 20 Twibbon Selamat Hari Kartini

Kamis, 21 April 2022 | 09:40 WIB
X