• Senin, 23 Mei 2022

Rias dan Busana Perkuat Tampilan Pantomimer di Panggung

- Rabu, 17 November 2021 | 11:04 WIB
Foto pantomimer dan tokoh komedi dunia dengan rias karakter kuat dan khas Charlie Chaplin. (Istimewa)
Foto pantomimer dan tokoh komedi dunia dengan rias karakter kuat dan khas Charlie Chaplin. (Istimewa)

Kediri, koranmemo.com - Tidak saja kekuatan ekspresi wajah dan kelenturan tubuh Pantomimer yang dibutuhkan dalam pentas pantomim di panggung.

Namun hal yang terpenting ada tata rias dan busana yang memperkuat si aktor pantomim dalam pentas sehingga cerita dan pesan moral bisa tersampaikan ke penonton.

Rias ini juga dimaksud sebagai penguatan tokoh pantomim dan adanya sisi dramatis pantomim.

Adapun jenis rias pantomim ini juga bagian rias panggung. Adapun jenis riasan yang dibutuhkan agar tampak kuat karakter lucu diantaranya adalah bedak foundation ,clown white,milk cleanser (penyegar) dan astringent (penyegar).

Baca Juga: Banggar Minta Penyerapan Anggaran SKPD Maksimal

Baca Juga: Komisi II Harapkan Peruntukkan Anggaran Tepat Sasaran

Sebelum pentas biasanya penata rias atau pantomim sendiri membersihkan wajahnya dengan cleaser pembersih wajah secara utuh ke seluruh wajah dan leher.

Kemudian bisa digunakan bedak foundation tipis dan langsung clown white yang dioleskan ke wajah sesuai maksud pantomim.

Ada clown hitam atau merah untuk kumis,mempertebal alis atau bibir dan hidung. Clown ada juga warna merah untuk efek bibir,hidung atau bagian wajah lainya untuk menguatkan karakter tokoh pantomim.

Sedangkan busana biasanya tergantung dari selera pantomim.

Ada topi bulat atau topi biasa untuk kepala, kaos atau baju ketat dan longgar dan celana panjang dan pendek menyesuaikan kemauan penata busana dan pantomimer sendiri.

Sepatu bisa dipakai dan bisa juga tidak dipakai hanya saja sepatu digunakan untuk nilai estetika dan artistic kekuatan cerita yang dilakonkan pantomimer.

Dengan persiapan yang matang dan perlengkapan pantomim profesional dalam sebuah pentas. Tentu akan menggambarkan pantomim memang ahli di bidangnya dan memahami bentuk dunia pantomim secara utuh total dan kesungguhan bereksplorasi berkelanjutan untuk teguh berkarya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X