• Kamis, 20 Januari 2022

Daun Kelor, Baik Untuk Kesehatan Dan Mencegah Penyakit Berbahaya

- Senin, 22 November 2021 | 12:03 WIB
Ilustrasi daun kelor (Pixabay/SV)
Ilustrasi daun kelor (Pixabay/SV)

koranmemo.com - Daun kelor, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pecinta sayur bening. Kelor dengan nama Latin molinga oleifera ini dianggap oleh WHO sebagai pohon ajaib. Sebab khasiat yang terkandung di daun kelor sangat baik untuk kesehatan. Bahkan khasiat daun kelor bisa untuk mencegah serangan penyakit berbahaya, seperti kanker, stroke, penyakit jantung, hipertensi dan penyakit berbahaya lainnya.

Pohon kelor mudah tumbuh di iklim dan negara agraris seperti Indonesia. Bahkan di seantero nusantara ini mudah kita jumpai tanaman kelor. Selain berguna untuk kesehatan dan melindungi diri dari penyakit berbahaya, daun kelor jika diolah menjadi sayur rasanya sangat enak dan segar. Tidak ada salahnya bila kita memanfaatkan pekarangan rumah kita yang kosong untuk menanam pohon kelor. Bisa di samping rumah, belakang rumah atau di depan rumah.      
 
Dokter Spesialis Gizi Klinik,di RSCM Jakarta, dr Olivia Carissa mengungkapkan, seluruh bagian pada pohon kelor mulai dari akar hingga daun memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun ini diantaranya serat, vitamin, anti radang, zat besi, protein, dan antioksidan. Dengan berbagai kandungan yang ada, daun kelor dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Adanya antioksidan dalam daun kelor dapat mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kanker.

Baca Juga: Apa Saja Bahaya Anak Sering Main HP

Baca Juga: Daftar Tunggu Haji 33 Tahun, Kerjakan Amalan Ini, Ustadz Adi Hidayat: Pahalanya Senilai Haji dan Umroh

Bahkan menurut dokter spesialis kulit RS Universitas Indonesia, dr Hanny Nilasari, daun kelor juga dapat dijadikan masker. Sebab daun kelor mengandung anti aging, antibiotik, antiseptik, dan antioksidan.  Inilah yang dapat membantu menyehatkan kulit wajah. Sekarang malah beberapa orang mengolah daun kelor sebagai salep maupun bubuk untuk dijual sebagai obat. Meski hal ini perlu penelitian lebih lanjut dari para pakar dan ahli medis.
 
Demikianlah sekelumit manfaat dari daun kelor bagi kehidupan kita manusia. Daun kelor bisa menjadi salah satu dari kebutuhan lima sehat empat sempurna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rutin membuat sayur dari daun kelor, kita dapat rasa enaknya dan kandungan khasiatnya.

Editor : Hadiyin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hindari ! 4 Mindset yang Bisa Bikin Lelah Mental

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:57 WIB

Tips Cegah Demam Berdarah di Rumah

Senin, 17 Januari 2022 | 23:02 WIB

Merawat Tubuh Dengan Sabun Herbal Asal Kota Kediri

Sabtu, 15 Januari 2022 | 05:00 WIB

Tanda-tanda Orang Ingin Bunuh Diri, Perlu Dikenali

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:19 WIB

Bahaya Rokok dan Kandungan Zat Kimia di Dalamnya

Senin, 3 Januari 2022 | 14:03 WIB
X