• Kamis, 20 Januari 2022

Buah Kersen, Manfaat dan Kandungannya

- Senin, 22 November 2021 | 13:27 WIB
Ilustrasi buah kersen (iStockphoto)
Ilustrasi buah kersen (iStockphoto)

koranmemo.com - Buah kersen, nama buah yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Buah kersen, buah yang banyak disukai anak-anak kecil ini mudah kita dapati di sekitar kita. Bahkan seringkali kita jumpai banyak tumbuh di pinggir jalan. Pohon kersen yang rindang sering digunakan sebagai tempat berteduh. Buah kersen, berwarna merah bila sudah masak, dan rasanya manis.

Ditinjau dari khasiat dan kandungannya, ternyata buah kersen ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Untuk itu, tidak ada salahnya bila kita menanam dan mengkonsumsi buah kersen. Berarti, ada tiga keuntungan bila kita menanam pohon kersen. Pertama bisa untuk berteduh karena pohon kersen karakternya rindang. Kedua, buah kersen rasanya juga enak, rasa manis yang kental dan khas menjadi salah satu daya tarik. Dan terakhir, ini yang penting, buah kersen memiliki banyak khasiat.  

Dikutip dari akun Youtube dr. H Tejo Katon, berikut beberapa khasiat dari buah kersen.

1. Buah kersen mengandung antibiotik alami
Kandungan antibakteri yang kuat dalam buah kersen setara dengan antibiotik yang digunakan para ahli medis. Sehingga buah kersen sangat berperan apabila digunakan sebagai antibiotik alami.

Baca Juga: Indonesia Open 2021, Sejumlah Wakil Indonesia Sudah Bentrok di Hari Pertama

Baca Juga: Apa Saja Bahaya Anak Sering Main HP

2. Mengandung vitamin C
Meski memiliki rasa manis, buah kersen juga memiliki kandungan vitamin C. Bahkan 100 gram dari buah ini sebanding dengan 150 miligram vitamin C. Karena mengandung vitamin C, buah kersen dapat berguna untuk mencegah demam dan flu. Selain itu, buah kersen juga dapat membantu penyembuhan penyakit jantung karena memiliki antioksidan yang tinggi.

3. Mengurangi rasa nyeri
Rasa nyeri diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya kurang minum air maupun terlalu sering jajan sembarangan. Buah kersen dapat menjadi alternatif untuk mengurangi rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi sebanyak 9-12 buah sekali waktu dengan aturan tiga kali sehari.

4. Obat sakit kepala
Sakit kepala disebabkan karena penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah kersen akan merelaksasi pembuluh darah sehingga menjadi normal kembali. Hal itu disebabkan adanya kandungan oksida nitrat yang berperan membantu kelancaran aliran darah dan mengurangi tekanan pada darah.

5. Mengobati diabetes
Diabetes merupakan penyakit gula darah yang meningkat. Penyakit ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah kersen. Peran dari kandungan vitamin c, serat, betakaroten, dan vitamin B kompleks inilah yang membantu untuk mengobati pengidap penyakit diabetes. Selain itu di dalam buah kersen terdapat kandungan niacin yang berperan mengontrol gula darah.
 
6. Memiliki antioksidan yang tinggi
Buah kersen memiliki antioksidan yang tinggi. Manfaat dari antioksidan ini sangat besar. Diantaranya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menangkal potensi seseorang terkena kanker.
 
7. Memiliki banyak nutrisi penting
Kandungan nutrisi dalam buah kersen banyak sekali. Diantaranya adalah serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada buah kersen dapat bermanfaat bagi yang mengonsumsinya. Bahkan buah ini dijadikan bahan pokok oleh beberapa negara.
 
8. Selain manfaat yang diambil dari buah kersen, daun dari buah kersen juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat dari daun kersen.

a. Obat diabetes
Selain buahnya, ternyata daun kersen juga memiliki manfaat sebagai obat diabetes. Dengan mengonsumsi air rebusan daun buah kersen secara teratur dapat menurunkan
kadar gula darah.

b. Penghilang rasa sakit
Selain obat diabetes, daun kersen juga berguna untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Dengan mengonsumsi air rebusan dari buah kersen ini, maka rasa sakit pada tubuh dapat berkurang.

c. Menurunkan kolesterol
Kolesterol sering menimpa seseorang yang mengonsumsi makanan secara sembarangan. Hal itu dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air rebusan daun kersen. Caranya rebus 1-2 genggam daun kersen dengan 3 gelas air. Kemudian tunggu hingga air menyusut setengahnya lalu diminum secara rutin.
 
Itulah pembahasan dari manfaat dan kandungan buah kersen. Jadi, penting sekali kita mengetahui manfaat dan kandungan buah kersen yang sering kita konsumsi.

Editor : hadiyin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hindari ! 4 Mindset yang Bisa Bikin Lelah Mental

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:57 WIB

Tips Cegah Demam Berdarah di Rumah

Senin, 17 Januari 2022 | 23:02 WIB

Merawat Tubuh Dengan Sabun Herbal Asal Kota Kediri

Sabtu, 15 Januari 2022 | 05:00 WIB

Tanda-tanda Orang Ingin Bunuh Diri, Perlu Dikenali

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:19 WIB

Bahaya Rokok dan Kandungan Zat Kimia di Dalamnya

Senin, 3 Januari 2022 | 14:03 WIB
X