• Senin, 29 November 2021

Resep Agar Tidur Kita Berkualitas

- Rabu, 24 November 2021 | 11:22 WIB
ilustrasi tidur (istimewa)
ilustrasi tidur (istimewa)

koranmemo.com - Rentang waktu 24 jam dalam sehari yang kita miliki, sepertiganya digunakan beristirahat dengan tidur. Tidur yang baik, tidur yang berkualitas akan menentukan aktivitas yang baik pula. Dengan tidur yang berkualitas pula aktivitas kita selanjutnya akan dijalani dengan nyaman dan senang. Bahkan orang sukses mayoritas mempunyai pola tidur yang berkualitas Bukan persoalan berapa lamanya tidur, tetapi sekali lagi ini menyangkut kualitas tidur.  

Tidur yang berkualitas yang kita lakukan ternyata banyak manfaatnya. Tidur yang berkualitas menunjang kelancaran aktivitas kita setelah bangun tidur. Tubuh menjadi segar, bersemangat dan tentunya energi menjadi pulih setelah istirahat dengan tidur yang berkualitas. Seperti apa tidur yang berkualitas itu ? begini penjelasannya.

Dikutip dari akun youtube Roeang Belajar, dipaparkan bagaimana tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas yang mempengaruhi kelancaran aktivitas kita selanjutnya..

Baca Juga: Jadwal Indonesia Open 2021, 4 Pasangan Ganda Putra Saling Bentrok

Baca Juga: Mata Merah, Ini Beberapa Penyebabnya

1. Tidur di awal malam
Tidur di awal malam adalah tidur yang berkualitas. Sangatlah baik untuk kesehatan kita. Bahkan menjadi kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW. Ketika bangun dari tidur badan akan terasa lebih segar dan bersemangat. Berbeda dengan orang yang suka begadang di malam hari, bangun esok pagi akan terlihat kurang sehat dan kurang bersemangat.

2. Posisi tidur yang baik
Rasulullah SAW mengajarkan pada kita posisi tidur yang berkualitas adalah dengan posisi badan dan muka menghadap ke arah kanan.  Ini dibarengi dengan meletakan tangan di pipi. Posisi tidur ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab dengan posisi seperti itu sama saja mengistirahatkan seluruh anggota badan dan tidur kita menjadi berkualitas.

3. Tidur dengan pola teratur
Tidur dengan pola yang teratur juga menjadikan tidur kita berkualitas. Teratur itu dilakukan secara konsisten, tidur pada jam yang sama dan bangun pada jam yang sama pula. Butuh usaha yang maksimal agar pola tidur menjadi teratur. Setelah menjadi sebuah kebiasaan tentu akan mendukung tidur kita menjadi tidur yang berkualitas.

4. Tidur dalam keadaan gelap
Tidur dalam keadaan gelap adalah tidur yang berkualitas. Karena sangat bagus sekali untuk tubuh kita. Rasulullah SAW bersabda : “Padamkanlah lampu- lampu ketika akan tidur” (HR Bukhari). Dalam sebuah riset Adinda Rodgstina juga dijelaskan bahwa tidur dengan lampu menyala benderang ada dampak negatifnya. Yakni bisa menyebabkan kanker, kegemukan, diabetes, meningkatkan stres dan mempengaruhi siklus menstruasi. Sebaliknya, tidur dengan lampu padam atau temaram akan menjadikan tidur kita berkualitas.

5. Tidur siang meski beberapa menit
Tidur siang juga akan membuat tidur kita berkualitas. Sebab memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh. Badan menjadi lebih segar karena tidur siang sama dengan mencharge tubuh dan membantu pikiran menjadi lebih fokus.

Itulah pola tidur yang berkualitas yang dapat membuat kita menjadi orang yang aktif dan bersemangat. Tidur memang dianggap sepele, tetapi bisa mendukung aktivitas kita menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.

Editor : Hadiyin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan dan Manfaat Menggunakan Siwak

Jumat, 26 November 2021 | 17:02 WIB

Manfaat Daun Binahong Selain untuk Menyembuhkan Luka

Jumat, 26 November 2021 | 09:07 WIB

Petai Cina Atau Lamtoro, Manfaat dan Kandungannya

Kamis, 25 November 2021 | 11:32 WIB

Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan, Ini Salah Satunya

Kamis, 25 November 2021 | 09:56 WIB

7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Kaya Nutrisi

Rabu, 24 November 2021 | 14:11 WIB

Resep Agar Tidur Kita Berkualitas

Rabu, 24 November 2021 | 11:22 WIB

Mata Merah, Ini Beberapa Penyebabnya

Rabu, 24 November 2021 | 10:02 WIB

Uban dan Manfaatnya Bagi Kita

Selasa, 23 November 2021 | 12:57 WIB

Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh Kita

Senin, 22 November 2021 | 16:36 WIB

Dampak Negatif Akibat Sering Memakai Celana Ketat

Senin, 22 November 2021 | 14:31 WIB

Buah Kersen, Manfaat dan Kandungannya

Senin, 22 November 2021 | 13:27 WIB

Apa Saja Bahaya Anak Sering Main HP

Senin, 22 November 2021 | 11:39 WIB

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Kita

Jumat, 19 November 2021 | 15:46 WIB
X