• Kamis, 27 Januari 2022

Perjalanan AKA Yang Fenomenal, Mulai Aksi Panggung Sadis hingga Album Rekaman Melankolis

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:01 WIB
Personel AKA Group, Sjech Abidin, Soenata Tanjung, Arthur Kaunang, Ucok Harahap. (Istimewa)
Personel AKA Group, Sjech Abidin, Soenata Tanjung, Arthur Kaunang, Ucok Harahap. (Istimewa)

Koranmemo.com - AKA Group, awal kemunculannya di panggung, banyak membawakan lagu-lagu rock manca Negara, seperti milik Led Zeppelin, Grand Funk Railroad, The Rolling Stones, Deep Purple, dan Jimi Hendrix.

Karena pada tahun 1970-an, lagu-lagu rock manca Negara banyak digandrungi kalangan muda, termasuk di Indonesia.

AKA Group, seperti band rock lain sempat menikmati zaman kebebasan bermusik cadas. Grup ini tidak mengalami seperti Koes Bersaudara yang sempat dibui oleh rezim penguasa orde lama.

Dalam perkembangannya, AKA dikenal sebagai grup rock eksentrik karena aksi teathrikal di panggung. Misalnya aksi menggantung dilakukan Ucok Harahap di awal konser.

Baca Juga: Kenangan 12 Tahun Lalu, Legenda Musik Rock Indonesia Berakhir di Jalur Rock Dangdut Pinggiran Kota

Ucok juga bisa aksi kayang dan aksi ngeri dan sadis lainnya, misalnya menyembelih ayam di panggung serta atraksi lainnya.

Aksi panggung yang fenomenal seperti inilah yang dinikmati penonton kala itu. Hal-hal seperti itu menjadikan konser AKA selalu dipadati penggemar rock fanatik.

Pada konser di Arena Terbuka Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, 9-10 November 1973, ketika AKA tengah membawakan lagu Crazy Joe, tiba-tiba Ucok melompat hingga genteng.

Begitu kembali ke panggung, tiba-tiba membiarkan dirinya seperti dicambuki oleh algojo. Kakinya diikat dan tubuhnya digantung.

Setelah itu Ucok seperti ditusuk dengan pedang dan dimasukkan ke peti mati. Aksi ini mencekam penonton namun memperoleh sambutan meriah.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah, 5 Dekorasi Unik Valentine

Rabu, 26 Januari 2022 | 17:17 WIB

Simak ! Inilah Sejarah Hari Valentine

Rabu, 26 Januari 2022 | 17:11 WIB
X