5 Penyebab Smartphone Tiba-Tiba Mati Sendiri, Baca dan Hindari

- Senin, 6 Desember 2021 | 13:37 WIB
Penyebab smartphone sering mati  (pixabay)
Penyebab smartphone sering mati (pixabay)

Koranmemo.com - Smartphone sudah menjadi bagian penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi, belajar, hingga hiburan. Bahkan yang hampir tidak bisa melakukan kegiatan tanpa bantuan smartphone ini.

Namun apa jadinya apabila HP kalian tiba-tiba mati sendiri padahal sedang kondisi yang penting? Untuk itu, sebaiknya kalian mengenali terlebih dahulu mengenai penyebab mengapa smartphone mati sendiri secara tiba-tiba.

1. Sistem bermasalah

Sistem operasi merupakan salah satu bagian terpenting dari smartphone agar komunikasi antara software dan hardware berjalan tanpa ada kendala.

Namun terkadang sistem mengalami masalah yang diakibatkan oleh banyak hal, seperti malware maupun bug, sehingga membuat smartphone kalian mati sendiri. Untuk itu, sebaiknya kalian melakukan peningkatan sistem operasi apabila sudah muncul update terbaru dari produsennya.

Apabila masalah masih ada setelah update, maka kalian dapat melakukan Factory Reset atau Hard Reset Ketika smartphone sering sekali tiba-tiba mati karena dipastikan ada sesuatu yang mengganjal dari hardware maupun softwarenya.

Factory Reset biasanya masih dapat dilakukan dalam sistem operasi, namu Hard Reset harus mengunjungi Recovery Mode dahulu.

2. Kondisi baterai drop

Jika smartphone kalian mendadak mati sendiri dan tidak bisa dihidupkan kembali, kemungkinan besar penyebabnya adalah kondisi baterai yang drop atau baterai sudah saatnya untuk ganti.

Kondisi ini kerap terjadi pada smartphone yang sudah berusia lama, ditandai dengan persentase baterai yang cepat turunnya setelah diisi penuh walau tidak melakukan hal berat di dalamnya.

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Terkini

TV Digital Tidak Ada Suara, Mungkin Ini Penyebabnya

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:00 WIB
X