• Kamis, 1 Desember 2022

Makan Cabai atau Sambal Berlebihan, Ini Efek Negatifnya

- Senin, 6 Desember 2021 | 15:46 WIB
Ilustrasi cabai. (Pixabay)
Ilustrasi cabai. (Pixabay)

koranmemo.com - Setiap orang pasti mempunyai selera makan yang berbeda. Baik jenis makanannya atau rasa makanannya. Ada yang suka makan cabai atau sambal dengan rasa pedas dan ada yang tidak suka makan cabai atau sambal karena tidak suka pedas.

Tapi kalau ngomong selera pedas, banyak orang yang suka makan makanan serba memakai cabai atau sambal. Karena rasa pedas peminatnya banyak, tidak sedikit depot yang menjual makanan dengan menu serba sambal rasa pedas.

Menjual makanan dengan menu yang ada cabai atau sambalnya juga menarik karena pelanggan bisa memesan menu dengan level pedas sesuai permintaan. Mulai pedas level 1 sampai level paling pedas yakni level 10. Bahkan kesukaan makan cabai atau sambal pedas sampai dilombakan. Yang  paling kuat dan lama bertahan, itu yang menang.

Namun anda harus tahu segala sesuatu kalau berlebihan pasti menjadi tidak baik. Suka makan cabai atau sambal pedas, ya boleh saja, asal jangan berlebihan. Kenapa dilarang berlebihan ? ternyata terlalu banyak atau berlebihan makan cabai atau sambal pedas ada efek negatifnya.

Baca Juga: Bantu Korban Letusan Semeru, Polres Blitar Kota Gelontor Mi Instan Air Mineral

Baca Juga: Melihat Pembuatan Kostum Cosplay di Jombang: Berbahan Eva Foam, Permintaan Tembus Amerika

Dikutip dari Channel Youtube SB30 Health, dr Sungadi Santoso menjelaskan dampak negatif suka makan cabe atau sambal sebagai berikut :

1. Makan cabai atau sambal yang berlebihan akan membuat nafsu makan kita menjadi besar.
Nafsu makan besar bagi sejumlah orang memang jadi sisi positif. Namun pada umumnya nafsu makan besar menjadi sisi negatif, apalagi bagi orang yang sudah memiliki masalah berat badan. Jadi orang yang suka makan cabai atau sambal potensi mengalami obesitas karena nafsu makan menjadi besar.

2. Makan cabai atau sambal yang berlebihan akan membuat perut terasa panas dan melilit.
Efek negatif berlebihan dalam mengkonsumsi cabai atau sambal adalah bisa menyebabkan dinding lambung iritasi. Ini menjadi pemicu naiknya asam lambung sehingga perut terasa nyeri, panas dan melilit setelah makan makanan terlalu pedas. Bahkan dalam kondisi tertentu, berlebihan dalam mengonsumsi  cabai bisa menyebabkan diare.

3. Makan cabai atau sambal yang berlebihan akan membuat radang tenggorokan.
Rasa pedas yang ada pada cabai, juga bisa menyebabkan radang tenggorokan bila terlalu berlebihan mengonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan, makanan pedas memicu infeksi atau luka dalam tenggorokan.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Cross Check Diri Kamu , Yakin Mentalmu Sehat?

Jumat, 25 November 2022 | 10:25 WIB
X