• Kamis, 29 September 2022

Sering Bergadang? Ini 6 Pengaruhnya Bagi kesehatan yang Harus kamu Waspadai

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:21 WIB
Bergadang (pixabay)
Bergadang (pixabay)

Koranmemo.com - Sudah kodratnya manusia melakukan aktivitas dan istirahat. Istirahat yang dimaksud adalah tidur. Namun banyak sekali orang-orang yang tidak terlalu memperhatikannya demi melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Seperti main game di handphone atau menonton film.

Padahal, bergadang dan kurang tidur dapat menyebabkan 6 hal berikut:

1. Gangguan syaraf

sistem syaraf pusat adalah jalur utama bagi informasi yang diperlukan oleh seluruh tubuh. Sedangkan tidur yang cukup dibutuhkan agar jalur ini tetap berfungsi dengan baik. Insomnia atau susah tidur juga dapat mempersulit seseorang untuk berkonsentrasi dan belajar. Serta terkena serangan mood swing atau tidak sabaran.

2. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Saat tidur, sistem imun akan memproduksi zat-zat yang bertugas melindungi tubuh dan melawan infeksi. Zat tersebut yaitu antibodi dan cytokine. Apabila seseorang begadang dan kurang tidur, maka akan mengganggu sistem ini. Alhasil memperlambat waktu pemulihan jika sedang sakit.

3. Gangguan sistem pernafasan

Hubungan antara tidur dan sistem pernafasan bekerja dua arah. Gangguan sistem pernafasan di malam hari yang disebut obstructive sleep apnea ( OSA ) bisa mengganggu dan menurunkan kualitas tidur.

4. Gangguan sistem pencernaan

Dibarengi makan berlebihan dan kurang berolahraga, begadang adalah faktor lain penyebab kelebihan berat badan atau obesitas. Tidur mempengaruhi dua hormon yaitu Leptin dan Ghrelin yang mengendalikan rasa lapar dan kenyang.

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Terkini

8 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:44 WIB

Jangan Terlalu Sering! Ini Bahaya Tidur di Lantai

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:34 WIB
X