• Senin, 8 Agustus 2022

Komunitas Gulung Tukar Gelar Pameran Arsip

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 07:00 WIB

 

Beda dengan yang Lain, “Jejak Laku Tidak Baku” Tampilkan Dokumentasi Bersejarah Kota Marmer

Tulungagung, koranmemo.com - Kegiatan pameran sering kali dihiasi oleh seni rupa, lukisan barang antik dan lain sebagainya. Jarang sekali kegiatan seperti pameran memamerkan arsip kebudayaan, tempat-tempat bersejarah dan arsip tempo dulu. Oleh karena itu, komunitas muda mudi di Tulungagung yakni Gulung Tukar menggagas dan mengadakan pameran yang terbilang unik yakni pameran arsip. 

Pada salah satu kafe yang berlokasi di bekas Pabrik Gula Kunir, Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, terdapat sekumpulan pemuda Tulungagung yang berkumpul disana. Berkumpulnya para pemuda tersebut bukan hanya sekedar ngopi, namun dikarenakan pada bekas pabrik gula itu terdapat kegiatan pameran yang jarang dilakukan. Pameran tersebut merupakan pameran arsip dengan tema "Jejak Laku Tidak Baku".

Baca Juga: Lanjutkan Vaksinasi Massal di Ponorogo, Ini Target Binda Jawa Timur

Baca Juga: Bupati Magetan Terima Anugerah Kebudayaan PWI

Tidak hanya pameran, para pengunjung juga dihibur dengan penampilan dari seniman lokal dan luar kota. 

"Kami memilih tema itu karena ingin mendokumentasikan proses kolektivitas kami selama dua tahun terakhir dengan format arsip," kata Koordinator Pameran Arsip Gulung Tukar, Diah Rizki Fitriani, Jumat (17/12).

Dijelaskan olehnya, pemilihan pameran arsip sebagai benda yang dipamerkan lantaran mereka ingin menunjukkan sesutau yang berbeda di Tulungagung. Menurutnya, sebagai bahan untuk pameran, mereka mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi dari proyek yang mereka kerjakan sejak tahun 2019 hingga akhir 2021. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X