• Selasa, 9 Agustus 2022

4 Cara Mengatasi Force Close di Android, Kemenkominfo Bagikan Penyebab Utama

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:37 WIB
Aplikasi di Android Anda sedang bermasalah? Intip 4 cara mengatasi Force Close di Android, Kemenkominfo juga bagikan penyebab utama.  (instagram Kemenkominfo)
Aplikasi di Android Anda sedang bermasalah? Intip 4 cara mengatasi Force Close di Android, Kemenkominfo juga bagikan penyebab utama. (instagram Kemenkominfo)
 
Koranmemo.com – Sebagian besar pemakai smartphone Android tentunya pernah merasakan persoalan Force Close. Banyak sekali yang kebingungan dan mencari cara mengatasi Force Close ini.
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara mengatasi Force Close baik di Android maupun di laptop.
 
Melalui akun instagram resminya, Kemenkominfo menjelaskan penyebab dari pada Force Close dan jugacara mengatasi permasalahan itu.
 
“Lagi seru nyamber story crush, eh malah aplikasinya yang crash. Kira-kira yang salah apanya ya? Aplikasinya? HP-nya? Penggunanya? OS-nya? Salah gue? Salah temen-temen gue? Eh, kok jadi Mbak Cinta,” tulis Kemenkominfo pada Minggu (26/06/2022) sekitar pukul 19.20 an.
 
 
Menurut Kemenkominfo, penyebab daripada persoalan Force Close ini cukup banyak. Berikut ini penjelasan penyeban terjadinya permasalahan tersebut ala Kemenkominfo.
 
“Ternyata penyebabnya ada beberapa nih, Sob. Cek dulu yuk! Sekalian biar tau cara mengatasinya. Apa sih penyab force close?,” tambah Kemenkominfo. 
 
Biasanya di layar ponsel maupun laptop saat terjadi persoalan Force Close tertulis ‘Unfortunately, (nama aplikasi) has stopped’ diikuti kolom pilihan ‘Report’ dan ‘Ok’.
 
Sebelum kita membahas solusi dan Cara Mengatasi Force Close, berikut ini penyebab Force Close ala Kemenkominfo.
 
 
1. File cache sudah menumpuk
Tentu saja file sampah yang disebut file cache bakal memperberat kinerja aplikasi sehingga terjadi Force Close
 
2. Terdapat bug yang membuat aplikasi bermasalah
Tidak hanya itu, penyabab lainnya biasanya aplikasi Android yang kita gunakan bermasalah sehingga mungkin perlu dihapus atau diupdate ke versi terbaru.
 
3. RAM ponsel atau laptop kalian terlalu penuh
Ruang penyimpanan RAM yang penuh tentu membuat ponsel maupun laptop kamu menjadi Force Close. Dengan aplikasi yang begitu banyak dan berjalan bersamaan membuat RAM yang tersisa tidak mampu mewadahinya.
 
4. OS (Operating System) sudah tidak kompatibel
 
 
Mungkin sekali juga Sistem Operasi ponsel atau pun laptop kalian tidak cocok dengan aplikasi yang sedang atau akan digunakan tersebut.
 
Lalu, bagaimana solusi dan Cara Mengatasi Force Close ini? Jangan panik maupun geram, begini cara mengatasinya ala Kemenkominfo.
 
1. Hapus file cache yang ada di semua aplikasi
Tentunya kalian harus menghapus semua file sampah atau file cache yang berada di semua aplikasi di ponsel smartphone maupun di laptop kalian supaya kinerjanya tidak berat.
 
2. Hapus pula aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi
Selanjutnya kalian juga perlu menghapus aplikasi yang tidak terpakai lagi sehingga membuat ruang penyimpanan di RAM menjadi lebih banyak lagi.
 
 
3. Cobalah install ulang aplikasi-aplikasi kalian
Kemudian kalian perlu menginstall kembali aplikasi yang sedang kalian pakai untuk memastikan aplikasi tersebut terupdate dan tidak bermasalah.
 
4. Update juga OS (Operating System) di ponsel maupun laptop kalian
 
Demikian Cara Mengatasi Force Close menurut Kemenkominfo. Kalian bisa mencobanya sendiri dan semoga bermanfaat.***
 
Penulis : Moch Zainul Arifin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mudah! 4 Cara Menaikkan Algoritma Instagram

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:16 WIB

5 Emulator Android Terbaik Untuk PC

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:17 WIB
X