Manfaat Ketumbar Untuk Jantung yang Perlu Kamu Ketahui

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:23 WIB
Ketumbar ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Ketumbar ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

Koranmemo.com - Manfaat ketumbar untuk jantung mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Umumnya masyarakat hanya tahu biji maupun daun ketumbar sebagai salah satu jenis rempah yang dapat membuat masakan menjadi lezat. Nyatanya, biji ketumbar yang sering membuat orang keliru dengan biji lada ini memiliki banyak nutrisi penting untuk kesehatan kita.

Tahukah kamu apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam ketumbar berikut manfaatnya bagi kesehatan kita? Di artikel ini kamu bakal mengenal lebih banyak tentang rempah yang memiliki nama latin Coriandrum sativum, termasuk beberapa alternatif cara memanfaatkannya.

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan jantung

Manfaat ketumbar untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, salah satunya untuk mengurangi peradangan. Selain itu, ketumbar juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi kadar gula dalam darah, dan baik bagi pencernaan.

Baca Juga: Sulit Meninggalkan Hal Lama? Kemdikbud Berikan Tips Bangun Kebiasaan Baru

Selain berkhasiat untuk kesehatan kita, manfaat ketumbar untuk kesehatan jantung juga perlu untuk kamu perhatikan seperti di bawah ini:

1. Menurunkan Faktor Risiko Serangan Jantung

Dilansir dari beberapa study yang dipublikasikan di Pubmed menunjukkan bahwa ketumbar berpotensi menurunkan faktor risiko serangan jantung pada seseorang. Risiko serangan jantung pada penderita jantung lemah, jantung koroner, maupun jantung bocor dapat dikurangi dengan mengonsumsi ketumbar.

Faktor risiko tersebut bisa berupa dada berdebar, tekanan darah tinggi, atau tingginya kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Begini Penampakan SKB Setelah Pasien Covid 19 Kosong

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Beberapa riset yang lain menjelaskan khasiat ketumbar untuk jantung adalah dalam hal membantu mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipid (LDL) di dalam darah.

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Cross Check Diri Kamu , Yakin Mentalmu Sehat?

Jumat, 25 November 2022 | 10:25 WIB
X